11 Cara Menghemat Bandwith Internet

Oleh
Sekarang ini kecepatan internet meningkat secara drastis. Dengan tersedianya akses internet super cepat beragam hal pun bisa dikerjakan dengan mudah dan cepat serta tentu saja menghabiskan volume kuota data dalam singkat. Menghemat bandwidth penting bagi pengguna internet yang hanya memiliki kuota data terbatasataupun bagi mereka yang menginginkan akses informasi yang cepat dengan menggunakan internet yang "lola" abis. Berikut ini tips dan cara menghemat bandwith internet untuk memaksimalkan penggunaan kuota gratis (yang kecil) sekaligus untuk meningkatkan kecepatan akses internet :
 

1. Pastikan komputer bebas virus/malware

Malware atau badware merupakan aplikasi “jahat” yang mengintai (spy) komputer anda. Mereka akan mencoba untuk mengirim data ke “markas” mereka selagi anda sedang online. Hal ini tentu saja akan memakan bandwith dan kuota internet anda tanpa anda sadari. Oleh karena itu bersihkan dari virus dan program jahat lainnya dengan menggunakan antivirus secara berkala.
 

2. Matikan fitur Auto-aupdate

Saat anda sedang online biasanya ada banyak aplikasi yang ikut-ikutan online otomatis. Mereka ini biasanya mengecek apakah ada file update-an versi terbaru atau tidak, download plungins/file pendukung, dan lain sebagainya. Seperti virus atau malware, mereka juga akan menyedot bandwith dan kuota internet anda. Jadi sebaiknya anda matikan juga automatic update (pembaharuan otomatis) dari aplikasi-aplikasi yang ada di komputer anda termasuk juga untuk windows update.
 

3. Ganti User Agent Browser menjadi Mobile

Saat anda mengakses sebuah situs/protal di internet, biasanya Website akan bertanya pada “user agent” web browser anda dan akan meminta data serta mengecek mengenai browser yang anda gunakan. Untuk menghemat data ganti user agent anda menjadi versi mobile seperti pada smartphone atau iphone. Dengan menggunakan metode ini maka banyak data dan iklan yang tidak perlu akan “dipangkas” dari data yang dikirim ke browser anda. Ini akan menghemat bandwith dan kuota internet anda.
Untuk mengganti user agent pada browser, install saja add-on atau ekstensi User Agent pada Mozilla Firefox atau google chrome milik anda.
 

4. Menonaktifkan Tampilan Gambar

Matikan tampilan gambar di web browser anda. Gambar memang memperindah website akan tetapi jika website yang anda kunjungi menampilkan banyak sekali gambar yang tidak anda butuhkan (kebanyakan hanya untuk iklan) maka otomatis akan menghabiskan bandwidth dan memperlama waktu yang dibutuhkan untul load gambar. Beda lagi kalo situs yang anda buka seperti facebook. Biarkan saja fitur gambar diaktifkan. Agar mudah, gunakan Add-ons yang ada di mozilla firefox atau ekstensi google chrome yang ditujukan untuk mengatur penampillan gambar.
 

5. Matikan Iklan

Hilangkan tampilan iklan. Hampir semua website yang kita kunjungi pasti menggunakan iklan. Kalau anda memang bandwidth anda sudah sangat kritis lemot/lola abis maka sebaiknya matikan saja iklan. Seperti mematikan gambar. Gunakan saja add-ons firefox atau eksetensi google chrome yang memang ditujukan untuk menghilangkan / mencegah iklan tampil di web browser. Bila perlu, blok saja akses ke situs iklan tertentu yang memang sudah anda ketahui hanya untuk iklan yang tidak berguna.
 

6. Matikan Load Sound

Jarang website yang tiba-tiba menampilkan load sound (music/suara) otomatis. Meskipun dekimian, matikan saja fungsi load sound ini. Caranya sama dengan dua cara di atas: gunakan add-ons atau ekstensi.
 

7. Gunakan Satu Browser Saja

Saat anda menggunakan browser biasanya mereka akan menyimpan sebagai “cache” dari website yang telah anda kunjungi. Jadi bila anda berkunjung kembali ke website tersebut (berpindah-pindah tapi masih dalam website yang sama) maka browser mengecek apakah file yang ada masih up-to-date atau tidak. Jika masih “kepakai” maka mereka akan menggunakan file terebut dan tidak download dari internet. Dengan demikian proses browsing akan menjadi lebih cepat. Bila anda menggunakan browser yang berbeda maka masing-masing browser akan menyimpan cache nya masing-masing.
 

8. Gunakan Program Kompresi Internet

Gunakan tool kompresi online di internet. Saat anda mengakses sebuah situs anda maka browser akan mengambil dari data yang sudah dikompresi(dikecilkan) sehingga tentu saja akan menghemat bandwidth. Silahkan saja dilihat di http://www.toonel.net/
 

9. Gunakan Webmail dengan AJAX

Gunakan webmail yang mendukung penggunaan AJAX. Memang saat awal membuka akan terasa sedikit lambat, tapi setelah webmail dibuka maka aktivitas anda selanjutnya akan lebih hemat bandwith dan kuota internet.
 

10. Gunakan Proxy

Saat anda menggunakan server proxy biasanya akan tersedia cache pada server tersebut. Jadi jika ada rekan kerja anda yang telah mengakses sebuah situs maka cache tersebut bisa dipergunakan oleh rekan-rekan lain termasuk anda dan tidak perlu download dahulu dari internet.
 

11. Download Manual Master atau file Update-tan

Download secara manual file-file aplikasi yang ditujukan untuk pembaharuan ataupun master instalasi program. Jadi jika anda atau teman/rekan kerja membutuhkan lagi tinggal dipakai langsung dan tidak perlu download ulang.
 

Tips Cara Menghemat Bandwith Internet

Add-ons atau ekstensi memang banyak gunanya dalam menghemat bandwith tetapi jangan lupa ada add-ons/ekstensi yang justru menghabiskan bandwith. Oleh karena itu gunakanlah add-ons / ekstensi dengan selektif dan mendukung penghematan bandwith.

Terima kasih telah membaca 11 Cara Menghemat Bandwith Internet. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.