Tips Agar Wanita Hamil Aman Naik Pesawat Terbang

Tips ibu hamil agar aman dan nyaman naik pesawat - Saat ini transportasi udara merupakan pilihan utama jika menginginkan efektifitas, kenyamanan dan tentu saja kecepatan untuk mempersingkat perjalanan. Dengan menggunakan transportasi udara kita tidak perlu berdesak-desakan seperti naik bus atau kereta api. Hanya saja saja apakah transportasi udara aman untuk wanita hamil? Banyak ibu hamil yang cemas apakah dengan menggunakan transportasi udara seperti pesawat terbang akan aman bagi bayi yang dikandungnya? Menurut sejumlah dokter, penggunaan transportasi udara tidak memberikan resiko secara signifikan pada ibu hamil maupun jabang bayinya. Dengan catatan, sang ibu tidak memiliki masalah atau komplikasi penyakit. Meski aman, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar perjalanan ibu hamil (bumil) tetap nyaman. Berikut ini tips agar ibu hamil aman dan nyaman naik pesawat terbang:

1.Berkonsultasi pada dokter dan maskapai penerbangan.

Sebelum membeli tiket pesawat tanyakan dahulu pada dokter apakah aman bagi anda untuk bepergian naik pesawat terbang dengan usia kehamilan anda.

2.Siapkan bekal dengan baik.

Selama perjalanan sebaiknya meminum air yang cukup. Terhidrasi dengan baik dapat mengurangi tesiko terjadinya dehidrasi apabila ibu mual atau muntah saat penerbangan berlangsung. Siapkan pula minuman, makanan atau obat-obatan yang anda perlukan selama perjalanan.

3. Memilih Tempat Duduk yang Tepat.

Pilih tempat duduk di dekat koridor/lorong agar mudah pergi ke kamar mandi atau meluruskan kaki sejenak. Duduk dekat jendela pesawat memang dapat menikmati pemandangan tapi ruang gerak akan terbatas.

4. Memakai Pakaian yang nyaman.

Gunakan pakaian yang nyaman sesuai dengan perjalanan. Gunakan bahan yang tidak membuat gerah atau kedinginan.

5. Menggunakan Sabuk Pengaman.

Meski kurang nyaman, sebaiknya ibu hamil tetap menggunakan sabuk pengaman untuk keselamatan agar membantu tetap stabil bila terjadi guncangan di pesawat.  
 
 
(tribun)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar