Cara Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer

Oleh
Trik memilih file di windows explorer - Manajemen file di windows biasa dilakukan dengan menggunakan Windows Explorer. Biasanya kita memilih satu atau beberapa file terlebih dahulu sebelum melakukan copy, paste, memindahkan (move), atau menghapus(delete) file. Tujuan Dengan menseleksi beberapa file atau folder sekaligus bertujuan untuk mempermudah proses yang akan kita laksanakan. Cara menseleksi file tersebut juga ada bermacam-macam, mulai dari penggunaan mouse, keyboard atau juga dengan menggunakan checkbox khusus. Berikut ini cara-cara seleksi file di Windows Explorer.

1. Seleksi File dengan menggunakan cursor mouse

Cara ini adalah paling mudah dan sering dilakukan. Klik pada area kosong lalu tarik menuju file-file yang akan disorot. File dan folder yang masuk pada kotak blok otomatis akan disorot.

2. Memilih File/Folder dengan bantuan keyboard

Cara lain untuk menseleksi file atau folder adalah dengan bantuan tombol Keyboard SHIFT dan CTRL. Caranya pilih sebuah item lalu sambil menekan tombol SHIFT kemudian klik item (file/folder) terakhir. Misalkan klik folder Boot lalu sambil menekan tombol SHIFT kita klik folder debug. Maka semua folder mulai dari Boot hingga debug akan langsung disorot (select). Bila tombol SHIFT akan memilih item yang berurutan maka dengan tombol CTRL kita bisa memilih item yang random (acak). Sebagai contoh, misalkan kita tambahkan lagi folder addins dan en-Us pada hasil seleksi dengan SHIFT sebelumnya. Caranya : sambil menekan tombol CTRL klik lagi folder addins dan en-US.

3. Memilih File/Folder dengan Menggunakan CheckBox

Untuk membantu seleksi file selain dengan mouse dan bantuan tombol CTRL dan SHIFT seperti cara diatas ada juga cara lainnya yaitu memanfaatkan fasilitas checkbox windows explorer. Sebenarnya windows explorer memiliki kemampuan untuk melakukan seleksi dengan checkbox, seperti yang biasa kita lakukan di email. Jadi kita tidak perlu menekan tombol CTRL atau SHIFT berkali-kali setiap kita akan memilih file. Kita cukup klik saja pada checkbox tersebut.
  1. Pertama-tama kita harus Mengaktifkan fasilitas checkbox Windows Explorer seperti langkah berikut :
    • Klik menu Tools lalu pilih Folder Options, atqau gunakan shortcut ALT+T, O
    • Selanjutnya pada dialog Folder Options pilih tab View lalu berikan check (centang) pada item Use check boxes to select items lalu klik OK
  2. Kini anda bisa memilih file dengan cukup hanya klik checkbox dari setiap item folder/file.

 

Tips Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer

  • Ketika sedang memilih file jangan sekali-kali mengklik area kosong yang ada di antara file. Hal ini akan menyebabkan seleksi file yang anda lakukan dianggap dibatalkan, hal yang sama terjadi seperti saat kita menggunakan tanpa check box.
  • Untuk memilih semua file anda bisa gunakan CTRL+A atau memberikan centang (check) pada kotak check paling atas yang ada di sebelah kolom Nama File./Folder.

Terima kasih telah membaca Cara Seleksi File dengan Checkbox di Windows Explorer. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.