Cara Menghitung BMI Berat Badan Ideal di Ms Excel

Oleh
Rumus menghitung Berat Badan Ideal – Banyak wanita dan juga pria menginginkan tampil maksimal dan sempurna dengan memiliki bentuk tubuh yang proporsional sekaligus tubuh yang sehat. Kesemuanya itu dimulai dari berat badan yang normal dan ideal. Ada banyak rumus perhitungan berat badan ideal yang dapat digunakan oleh anda untuk mengetahui apakah dengan berat badan anda sudah ideal, terlalu kurus, atau kelebihan berat badan. Selanjutnya, dengan mengetahui apakah berat badan anda sudah normal atau ideal tentu anda bisa memilih treatment yang akan anda jalani. Kasarnya, bila terlalu gemuk maka anda harus mengurangi berat badan. Sebaliknya, bila terlalu kurus berarti anda harus menggemukkan badan.

RUMUS BERAT BADAN IDEAL BMI (BODY MASS INDEX)

Rumus Berat Ideal BMI (Body Mass Index) atau Indeks massa tubuh(IMT) ini sering dipakai untuk menentukan apakah berat badan seseorang sudah ideal atau belum. Rumus yang digunakannya pun cukup mudah, anda hanya perlu membagi berat badan anda (dalam satuan kilogram) dengan kuadrat dari tinggi badan anda (Dalam satuan meter).
 

BMI = Berat / (tinggi_badan2)
 

Maksudnya, nilai Body Mass Index (BMI) anda adalah berat anda saat ini dibagi dengan kuadrat dari tinggi anda adalam satuan meter. Selanjutnya nilai tersebut dibandingkan apakah termasuk dalam kategori sangat terlalu kurus sekali hingga sangat terlalu hemuk sekali (obesitas) pada tabel dibawah.
 

Kategori BMI (kg/m2)
Kurus yang sangat parah kurang dari 15
Kurus yang parah 15 hingga 16
Kurang berat badan (kurus) 16 hingga 18,5
Normal (berat badan yang sehat) 18,5 hingga 25
Kelebihan berat badan (Gemuk) 25 hingga 30
Obesitas kelas I (obesitas moderat) 30 hingga 35
Obesitas Kelas II (obesitas parah) 35 hingga 40
Obesitas kelas III (Obesitas yang sangat parah) Diatas 40


 

Contoh 1:
Misalkan tinggi badan Hadi 175 cm. beratnya 60 kg. Apakah berat badan hadi sudah ideal?
BMIHADI = 60 / 1,752 = 60 / 3,0625 = 19,59. Berat badan hadi masih termasuk normal.
 

Contoh 2:
Tinggi Badan Zahra 170 cm. Berapakah berat badan ideal zahra?
Karena BMI untuk berat badan ideal sesuai tabel di atas berada pada nilai 18,5 hingga 25 maka kita akan hitung berat badan ideal untuk BMI 18,5 dan BMI 25.
 

BMI = berat_badan / tinggi_badan2 <=> berat_badan = BMI x tinggi_badan2
Berat_badan18,5 = 18,5 x (1,702) = 56,66 kg
Berat_badan25 = 25 x (1,702) = 76,56 kg
Jadi berat badan yang ideal untuk Zahra berada pada kisaran 56,66 kg hingga 76,56 kg.

RUMUS BERAT BADAN IDEAL SEDERHANA (BROCA)

Bila anda butuh referensi cepat untuk berat badan ideal, anda bisa menggunakan metode Broca. Rumus menghitung berat badan ideal ini merupakan rumus yang paling simple, mudah dan sering digunakan. Untuk mengetahui berat badan yang ideal dalam satuan kilogram (kg), anda cukup mengurangi tinggi badan anda dengan 100 (dalam satuan centimeter). Rumus ini berlaku secara umum, tetapi kemudian dimodifikasi untuk mendapatkan perkiraan hasil yang lebih baik lagi. Yakni dari hasil yang anda dapat tadi, lalu bagi para pria kurangi lagi dengan 10% dari tinggi badan, sedangkan bagi para wanita kurangi lagi dengan 15% dari tinggi badan. Hasil yang didapat, bisa jadi akan berbeda dengan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus BMI. Jadi rumus berat badan ideal pria ditulis :

Berat Ideal Pria = (tinggi badan – 100) – (10% x tinggi badan)
Atau
Berat Ideal Pria = 90% x tinggi badan – 100

Sedangkan rumus berat badan ideal wanita:

Berat Ideal Wanita= (tinggi badan – 100) – (15% x tinggi badan)
Atau
Berat Ideal Wanita = 85% x tinggi badan – 100

Contoh 1:
Misalkan tinggi badan Hadi 175 cm. Berapakah berat badan ideal hadi (pria)?
Berat Badan Ideal HADI = 90% x tinggi badan – 100 = 90% x 175 – 100 = 57,5 kg Formula / rumus menghitung berat badan ideal di Microsoft Excel : =90%*175-100
 

Contoh 2:
Tinggi Badan Zahra 170 cm. Berapah berat badan ideal zahra (wanita)?
Berat Badan Ideal ZAHRA = 85% x tinggi badan – 100 = 85% x 170 – 100 = 57,5 kg Formula / rumus menghitung berat badan ideal di Microsoft Excel : =85%*175-100 atau bila menggunakan sel referensi dapat dilihat pada gambar berikut :


 

Tips Menghitung BMI Berat Badan Ideal di Microsoft Excel

  • Bila berat badan anda tidak dalam interval berat badan yang ideal, anda bisa mencoba membuatnya menjadi ideal oleh diri anda sendiri ataupun dengan bimbingan para ahli gizi maupun dokter. Meskipun demikian, diluar semua itu hal terpenting yang harus anda jaga adalah kesehatan anda dan bersyukur akan hal itu.

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung BMI Berat Badan Ideal di Ms Excel. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.