Cara Menghitung Resistor 4, 5 dan 6 Warna

Oleh
Rumus Menghitung Nilai Resistor dengan 4, 5 dan 6 Warna - Resistor atau sering juga disebut hambatan merupakan komponen dalam rangkaian listrik yang berfungsi untuk menghambat aliran listrik. Hambatan yang terdapat dalam resistor memiliki satuan Ohm atau sering ditulis dengan omega (Ω). Resistor memiliki lambang R dan dalam gambar rangkaian listrik resistor digambarkan seperti sandi rumput, yang naik turun zigzaz dengan tajam seperti yang terlihat pada gambar dibawah.

Dalam bentuk komponen listrik, nilai hambatan yang ada dalam resistor biasanya “ditulis” dengan menggunakan pita-pita berwarna, mulai dari 4 warna, 5 warna dan 6 warna. Konsep penggunaan warna tersebut pada dasarnya sama aja, hanya untuk yang enam warna ditambahkan lagi dengan koefisien suhu.

  • Pada resistor dengan 4 warna , warna pita 1 dan 2 menunjukkan koefisien nilai, pita 3 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-4 sebagai ambang batas toleransi.
  • Pada resistor dengan 5 warna , warna pita 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, pita 4 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-5 sebagai ambang batas toleransi.
  • Pada resistor dengan 6 warna , warna pita 1, 2, dan 3 menunjukkan koefisien nilai, pita 4 sebagai pengali (multiplier), dan pita ke-5 sebagai ambang batas toleransi sedangkan pita ke enam sebagai koefisien suhu/termal.
Berdasarkan warna pita maka akan ditentukan berapa nilai resistor sebenarnya. Pada dasarnya akan dibutuhkan minimal 2 buah pita terakhir untuk pita pengali dan toleransi serta pita koefisien suhu khusus untuk 6 warna. Jadi bila dipetakan maka akan terlihat sebagai berikut : Adapun nilai untuk warna pita dapat dilihat pada tabel berikut : Bila pita berfungsi sebagai multiplier maka nilainya adalah 10 pangkat angka pita. Misal pita hitam=0, sebagai multiplier nilainya adalah 100 = 1. Pita orange=3, sebagai multiplier nilainya adalah 103 = 10k. Pita hijau=5, sebagai multiplier nilainya adalah 105, dst.
Untuk lebih jelasnya bagaimana pita-pita tersebut memberikan maksud berapa nilai sebuah resistor berdasarkan lingkaran pita-pita yang ada maka akan langsung kita coba praktek menghitung nilai resistor mulai dari yang menggunakan 4 warna hingga resistor 6 warna.
 

 

Menghitung Hambatan Resistor 4 Warna

Misalkan kita memiliki resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut. Biar sama persepsi, kita asumsikan pita pada resistor tersebut mulai dari pita ke 1 (paling kiri) hingga pita ke-4 (paling kanan) adalah coklat, hitam, orange dan emas. Bagaimana kita mengetahui bahwa pita toleransi adalah pita emas bukan pita coklat?? Salah satunya karena warna emas dan perak pasti merupakan nilai untuk toleransi. Coba lihat tabel warna diatas. Warna emas dan perak tidak ada dalam kolom angka/nilai. Jadi warna pita emas harus berada paling kanan (terakhir) yang berfungsi sebagai toleransi.
Selanjutnya kita hitung nilai resistor tersebut:
Jadi nilai resistor tersebut adalah 10 x 103 ohm= 104 ohm = 10k ohm ± 5%
Apa maksud toleransi 5%? Maksudnya, 5% dari 10k ohm adalah 500 ohm, sehingga nilai resistor tersebut bisa saja berada antara 9,5k ohm sampai dengan 10,5k ohm.

 

Menghitung Hambatan Resistor 5 Warna

Misalkan kita memiliki resistor lain dengan 5 pita warna pada resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut. Biar sama juga, kita asumsikan pita pada resistor tersebut mulai dari pita ke 1 (paling kiri) hingga pita ke-5 (paling kanan) adalah orange, orange, putih, hitam dan coklat. Bagaimana kita juga mengetahui pita coklat sebagai toleransi dan bukan pita orange??? Pita coklat (seperti halnya pita emas dan perak) juga berfungsi sebagai penanda toleransi (lihat kolom 3 pada tabel warna). Pita orange bukan sebagai penanda toleransi. Cara lainnya adalah lihat ada jarak yang cukup lebar antara pita hitam dan pita coklat. Hal ini untuk memisahkan antara pita angka / nilai resistor dengan pita toleransi. Dengan demikian kita tinggal menghitung nilai resistor tersebut:
Jadi nilai resistor tersebut adalah 339 x 100 = 339 x 1 = 339 ohm ± 1%

 

Menghitung Hambatan Resistor 6 Warna

Seperti kedua contoh sebelumnya. Misalkan kita memiliki resistor lain dengan 6 pita warna pada resistor seperti yang tampak pada gambar dibawah. Hitunglah nilai hambatan pada resistor tersebut. Cara menghitung resistor 6 warna sama dengan resistor 5 warna. Cuma pada pita terakhir adalah koefisien suhu. Supaya sama, asumsikan warna pita adalah orange, hijau, putih, merah, coklat dan merah. Jadi nilai semua pita adalah : Jadi nilai resistor pada gambar adalah 359 x 102 = 359x100 = 35900 = 35,9k ohm ± 1% 50 ppm.

 

Menghitung Hambatan Resistor dengan Microsoft Excel

Bagi yang sudah berpengalaman tentu akan mudah untuk menentukan berapa nilai resistor sesuai dengan pita yang ada pada resistor tersebut. Bagi yang masih pemula, tentu bisa menggunakan alat bantu seperti microsoft excel tentunya. www.aimyaya.com mencoba membuat excel untuk menghitung nilai resistor berdasarkan pita warna baik untuk 4 warna, 5 warna maupun 6 warna. Anda tinggal mengisikan warna-warna dalam resistor lalu akan muncul besaran nilai resistor tersebut. Beirkut ini contoh screenshot file excel. Anda tinggal memasukkan warna untuk resistor. Nilai resistor akan otomatis terlihat. Untuk mencoba menghitung nilai resistor dengan menggunakan sheet excel tersebut silahkan saja langsung download file excel Cara Menghitung Nilai Resistor. Gratis! ;)
 

Tips Menghitung Resistor 4, 5 dan 6 Warna

  • Resistor ada juga yang menggunakan tulisan angka / nilai resistor, jadi tidak perlu lagi menghitung pita warna. Anda dapat menggunakan resistor tersebut.
  • Untuk yang awam, anda dapat menggunakan file excel di atas, lambat laun seiring dengan semakin seringnya penghitungan anda akan terbiasa menghitung secara manual.

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Resistor 4, 5 dan 6 Warna. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.