Penyelesaian Persamaan Kuadrat (Rumus ABC di Excel)

Oleh
cara mencari akar kuadrat menggunakan microsoft excel - Persamaan kuadrat merupakan menu wajib dalam belajar matematika. Persamaan kuadrat adalah suatu persamaan polinomial berorde dua. Bentuk umum dari persamaan kuadrat adalah

Dimana a adalah koefisien untuk kwadrat, b untuk koefisien liner, dan c untuk koefisien konstanta, sedangkan x dan y adalah variabel yang mempengaruhi persamaan tersebut dan bila digambarkan dalam bentuk grafik maka x akan menjadi sumbu x dan y akan menjadi sumbu y.
Titik potong pada sumbu x adalah pada saat nilai y = 0 atau bila ditulis :
ax2 + bx + c = 0. Nilai x yang sesuai untuk persamaan tersebut biasanya akan disebut sebagai akar-akar persamaan kwadrat. Yang secara sederhana dapat dihitung dengan menggunakan rumus ABC persamaan kuadrat.

Nilai b2 – 4ac sering disebut sebagai nilai Determinan. Nilai ini menentukan apakah persamaan parabola memiliki titik potong pada sumbu x. Jika nilai determinan kurang dari nol (negatif) maka akar-akar persamaan adalah imaginer. Untuk mempermudah perhitungan rumus ABC kita bisa menggunakan microsoft excel.

Misalkan kita memiliki persamaan x2 + 3x + 2 = 0.
Untuk menghitung determinan di excel kita bisa langsung melakukannya dengan membuat formula =3^2-4*1*2. Akan tetapi bila kita menaruh konstanta a, b, dan c pada sel D3, D4, dan D5 (agar bmudah merubah-rubahnya) maka kita bisa menghitung determinan dengan jalan menggunakan rumus =D4^2-4*D3*D5

Selanjutnya kita tinggal melihat apakah determinan negatif atau tidak. Bila determinan bernilai negatif (kurang dari nol) maka akar-akar persamaan kuadrat adalah imaginer, karena tidak ada nilai dari akar kuadrat bilangan negatif. Sebaliknya, jika nilai determinan lebih besar atau sama dengan nol maka akar persamaan kuadrat dapat diperoleh dengan jalan menghitung nilai (-D4+C7)/2*D3 dan (-D4-C7)/2*D3. Secara lengkap rumus untuk mendapatkan akar persamaan kuadrat x1 adalah =IF(C7<0;"Akar Imaginer";(-D4+C7)/2*D3) dan untuk x2 adalah =IF(C7<0;"Akar Imaginer";(-D4-C7)/2*D3).
Tampilan untuk mencari akar persamaan kuadrat dengan rumus ABC di microsoft excel dapat dilihat pada gambar berikut:

Bila anda ingin langsung mencoba file rumus abc untuk akar-akar persamaan kuadrat versi aimyaya dot com buat silahkan saja klik link berikut :
Download File Cara Menghitung Akar-Akar Persamaan Kuadrat.
 

Tips Penggunaan Rumus ABC di Microsoft Excel

Dengan menggunakan hasil perhitungan rumus persamaan kuadrat di excel akan dapat membantu anda berlatih dalam menghitung akar-akar persamaan kuadrat.

Terima kasih telah membaca Penyelesaian Persamaan Kuadrat (Rumus ABC di Excel). Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.