Simulasi Bunga Deposito Mandiri (Excel)

Oleh
Cara Menghitung bunga Mandiri Deposito - Bank Mandiri merupakan bank blat merah alias milik pemerintah yang secara historis merupakan gabungan dari empat buah bank, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) pada tahun 1999 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Saat ini Bank Mandiri merupakan bank dengan kepemilikan aset terbesar di Indonesia yang mencapai Rp 798,19 trilyun per september 2014. Dari sisi laba (keuntungan), bank mandiri menempati peringkat kedua di bawah Bank BRI dengan nilai laba bersih mencapai Rp 12,41 triliun per kuartal III 2014.
Salah satu sumber dana yang didapat oleh Bank Mandiri adalah melalui program deposito berjangka yang lebih dikenal dengan Mandiri Deposito dan Mandiri Valas. Deposito yang ditawarkan cukup banyak menarik nasabah untuk menyimpan uangnya dalam bentuk deposito. Ada banyak hal yang menentukan besaran bunga yang akan diperoleh nasabah. Berikut adalah syarat-syarat penting dalam perhitungan bunga deposito bank mandiri dan akan ditutup dengan simulasi perhitungan bunga deposito menggunakan microsoft excel.

SUKU BUNGA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK.

Bank Mandiri menawarkan bunga deposito yang kompetitif. Bunga yang diberikan pun berjenjang berdasarkan nilai rupiah yang didepositokan dan juga lama waktu (tenor) penyimpanan. Suku Bunga Deposito Rupiah Bank Mandiri Yang Berlaku Mulai Tanggal 01 Desember 2014 dapat dilihat pada tabel berikut : Dari tabel diatas terlihat bahwa bunga paling kecil adalah untuk deposito dengan jangka waktu 1 bulan yang hanya berkisar 4,25% - 4,5%. Sedangkan untuk bunga tertinggi berada pada deposito 3 bulan dengan nilai bunga sebesar 7,5%.

SYARAT MEMBUKA DEPOSITO MANDIRI

Bank Mandiri mengharuskan kepada para nasabah yang datang ke cabang bank mandiri bahwa nilai uang yang akan didepositokan harus bernilai minimal 10 juta rupiah, atau anda bisa membukanya dengan nilai minimal Rp 1 juta jika melalui e-Banking (Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call) dengan kelipatan Rp 100 ribu. Selain itu anda juga harus wajib memiliki Mandiri tabungan atau Mandiri giro. Karena nantinya pada akhir jatuh tempo anda dapat langsung transfer bunga dan deposito ke rekening tersebut. Syarat-syarat lain seperti KTP/SIM/Paspor, SIUP, NPWP, dll dapat anda tanyakan langsung pada customer service bank mandiri :)

PAJAK BUNGA DEPOSITO BANK MANDIRI

Bank mandiri juga mengiukti aturan yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak, khususnya mengenai pengenaan pajak atas bunga simpanan uang Rp 7,5 juta atau lebih. Pajak yang dikenakan sebesar 20%. Artinya, Bunga yang akan diterima nasabah hanyalah sebesar 80% dari bunga yang diberikan.

SIMULASI PERHITUNGAN BUNGA DEPOSITO BANK MANDIRI

Simulasi perhitungan bunga deposito bank mandiri dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Simulasi dibuat dengan memperhatikan suku bunga, syarat penembpatan deposito, dan pajak atas bunga deposito diatas. Kita bisa menggunakan fungsi IF() untuk menentukan besaran bunga yang akan didapat. Atau, menggunakan fungsi HLOOKUP() atau VLOOKUP() bila kita memiliki tabel bunga dan jangka waktu (tenor) deposito tersebut. Jadi, dengan jumlah uang dan masa simpan deposito kita sudah bisa menentukan berapa persen bunga deposito yang akan diperoleh. Selanjutnya kita tinggal mengalikan jumlah rupiah dengan bunga dan berapa hari deposito tersebut disimpan dibagi 365. Bunga yang didapat kemudian dikenakan pajak jika nilai deposito sebesar Rp 7,5 juta ke atas. Berikut ini adalah tampilah simulasi perhitungan bunga Deposito Bank Mandiri versi aimyaya dot com. Bila anda berminat silahkan saja klik download file simulasi bunga bank mandiri .
 

Tips Menghitung Bunga Deposito Mandiri

  • Nilai hasil perhitungan bunga deposito yang terdapat pada simulasi belum menyertakan biaya materai, admin, dan lain-lain
  • Hasil simulasi hanyalah gambaran kasar bunga yang akan diperoleh nasabah pemilik deposito bank mandiri. Untuk mengetahui secara pasti rupiah yang akan diterima sebaiknya anda datang langsung ke cabang bank mandiri terdekat ;)

Terima kasih telah membaca Simulasi Bunga Deposito Mandiri (Excel). Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.