Cara Cepat Menampilkan Microsoft Excel/Word

Oleh
Membuat Shortcut aplikasi di Windows - Microsoft Excel dan Microsoft Word adalah dua buah aplikasi yang biasanya paling sering kita gunakan untuk bekerja. Untuk dapat bekerja dengan microsoft excel atau Microsoft word biasanya kita harus membuka dahulu dengan cara klik Start Menu --> All Programs--> Microsoft Office --> lalu klik pada icon Microsoft Word atau Microsoft Excel. Cara ini tentu akan memakan waktu. Agar lebih singkat, diantaranya kita bisa memanfaatkan shortcut untuk menjalankan aplikasi yang kita butuhkan. Jadi dengan menekan tombol keyboard maka aplikasi tertentu yang memiliki shortcut yang kita tekan akan segera dieksekusi.

Cara Membuat Shortcut di Windows

Untuk membuat shortcut di Windows dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
  1. Pilih item aplikasi yang akan kita buat shortcutnya (misalnya Microsoft Excel )
  2. Selanjutnya klik kanan pada item tersebut lalu pilih Properties
  3. Setelah itu pada kotak shortcut key tekan tombol CTRL+ALT+E , maksudnya adalah aplikasi microsoft excel akan dijalankan bila kita menekan tombol CTRL+ALT+E . Anda bisa mengganti kombinasi tombol ini sesuai dengan keinginan anda.
  4. Kemudian pada kotak Run pilih Maximized agar nantinya microsoft excel langsung ditampilkan satu layar penuh.
  5. Selanjutnya klik tombol OK .
  6. Kini setiap kali anda menekan tombol CTRL+ALT+E maka windows akan otomatis menjalankan aplikasi microsoft excel.
  7. Ulangi kembali cara di atas untuk aplikasi Microsoft Word dengan shortcut misalnya CTRL+ALT+W .

 

Membuat Tombol Quick Launch / Taskbar

Bila anda malas dengan menekan tombol shortcut, cara lainnya adalah menggunakan fasilitas quick launch atau taskbar. Pada dasarnya setiap aplikasi yang dijalankan di windows dapat disimpan pada quick launch atau taskbar . Jadi saat anda membutuhkan aplikasi tersebut anda tinggal klik pada taskbar. OK, sebagai contoh kita akan membuat tombol untuk Microsoft Excel pada taskbar Windows 7 :
  1. Pertama-tama jalankan terlebih dahulu microsoft excel
  2. Lalu klik kanan pada tombol aplikasi excel yang muncul di taskbar
  3. Setelah itu pilih Pin This Program to Taskbar
  4. Selanjutnya tutup Program Microsoft Excel. Perhatikan. Icon Microsoft Excel kini sudah ada di taskbar. Jadi bila anda butuh Excel tinggal klik saja pada icon tersebut.
  5. Selain Microsoft Excel anda juga dapat menggunakan cara yang sama untuk microsoft word, powerpoint, atau program aplikasi yang lainnya.

 

Tips Menampilkan Microsoft Excel/Word dengan cepat

  • Shortcut dapat mempermudah dan mempercepat eksekusi aplikasi. Akan tetapi shortcut setiap aplikasi harus diingat. Bila salah tekan tombol maka bisa jadi aplikasi yang lain yang akan tampil. Oleh karena itu, mulailah hanya dengan beberapa aplikasi saja yang dipasangi shortcut.
  • Tombol Quick launch / taskbar juga dapat mempermudah. Akan tetapi semakin banyak anda memasang tombol maka area taskbar akan terlihat semakin penuh.

Terima kasih telah membaca Cara Cepat Menampilkan Microsoft Excel/Word. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.