Cara Menghitung Akar Pangkat 3

Oleh
Bermacam cara mendapatkan akar pangkat tiga - Akar pangkat dua dan akar pangkat 3 paling sering ditemui dalam matematika. Umumnya pangkat dua karena adanya perhitungan luas sedangkan pangkat tiga karena adanya perhitungan dengan unsur volume (ruang). Dengan kemajuan teknologi, kita bisa menghitung akar pangkat tiga dengan cepat menggunakan alat bantu seperti kalkulator ataupun aplikasi seperti Microsoft excel. Pada Microsoft Excel, kita bisa menggunakan berbagai macam cara untuk mendapatkan akar pangkat tiga. Untuk lebih jelasnya lihat beberapa contoh berikut :

 

Menggunakan Operator Pangkat ^ (caret)

Misalkan kita memiliki soal seperti pada gambar diatas. Berapakah akar pangkat tiga dari angka 5678 ? Pada microsoft excel kita bisa mendapatkannya dengan mengetikkan rumus =5678^(1/3). Hasilnya adalah 17,84. Kenapa menulis pangkatnya 1/3 ? Karena 1/3 maksudnya adalah akar pangkat 3. Bagaimana kalau akar pangkat dua? Berarti menulisnya 1/2 , dan seterusnya.

 

Menggunakan Fungsi POWER()

Berapakah akar pangkat tiga dari angka 5.678 ? Pada microsoft excel kita juga bisa mendapatkannya dengan menggunakan fungsi POWER() yang memiliki kesamaan dengan operator pangkat ^ (caret). Jadi kita mengetikkan rumus excel =POWER(5678, 1/3). Hasilnya juga sama, yakni 17,84.

Pada formula diatas, saya menuliskannya menggunakan titik koma menjadi =POWER(5678; 1/3) karena settingan di komputer saya menggunakan versi Indonesia ;)

 

Mendapatkan Akar Pangkat Tiga Menggunakan tabel

Cara ini paling mudah. Anda tidak perlu menghitung akar pangkat tiga, dan hanya cukup melihat pada tabel pangkat 3. Misalkan kita akan mencari akar pangkat tiga dari bilangan 123. Kita langsung lihat pada tabel akar pangkat 3. Lihat 12 di kolom pertama, lalu cari kolom dengan angka 3 pada baris pertama. Didapat bahwa akar dari 123 adalah 4,9732. Lantas bagaimana bila angka yang dicari tidak ada pada tabel akar pangkat 3 tersebut?Gunakan saja tabel pangkat 3. Misalkan angka yang akan dicari adalah 5678. Perhatikan tabel pangkat 3. Lihat angka 5678 terletak antara 5.639,7520 hingga 5.735,3390. Artinya, akar pangkat tiga dari 5678 berada antara 17,8 dan 17,9. Karena 5678 lebih dekat ke 5.639,7520 maka kita anggap bahwa akar dari 5678 adalah 17,8.

 

Kalkulator Akar Pangkat 3

Kalkulator sayur tidak bisa untuk mencari akar pangkat tiga dengan cepat. Kalkulator sayur hanya bisa digunakan dengan cara coba-coba (trial and error). Untuk mempercepat hasil perhitungan / percobaan bisa juga digabung dengan tabel Pangkat tiga dan tabel akar pangkat tiga di atas. Untuk kalkulator dengan kemampuan scientific bisa dilakukan dengan cara berikut :

Tombol Akar pangkat tiga

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol akar pangkat tiga seperti  Gambar: tombol akar pangkat 3 Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :

  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8
  2. Selanjutnya tekan tombol akar pangkat tiga tersebut  Gambar: tombol akar pangkat 3
  3. Hasilnya akan langsung muncul pada layar kalkulator

 

Tombol pangkat x y

Perhatikan bila kalkulator anda memiliki tombol pangkat seperti  Gambar: tombol pangkat Bila tersedia maka lakukan langkah berikut :

  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8
  2. Selanjutnya tekan tombol pangkat  Gambar: tombol pangkat lalu tekan 0.33333333333333.
  3. Kemudian tekan tombol sama dengan “=
  4. Hasilnya akan langsung muncul pada layar kalkulator

 

Tombol log dan antilog

Cara menggunakan log dan antilog untuk mendapatkan akar pangkat tiga dari 5678:

  1. Tekan tombol 5, 6, 7, 8
  2. Selanjutnya tekan tombol  Gambar: Tombol ln atau  Gambar: tombol log
  3. lalu tekan * (asterik/bintang/kali) lalu tekan 0.33333333333333.
  4. Kemudian tekan tombol sama dengan “=
  5. Terakhir, tekan tombol  Gambar: Tombol Inv lalu tekan kembali tombol  Gambar: Tombol ln atau  Gambar: tombol log (Sesuai dengan yang mana tadi anda tekan pada langkah 2).
  6. Lihat hasilnya pada layar.

 

Tips Menghitung Akar Pangkat 3

Bila nilai yang dicari negatif maka akar pangkat tiga yang didapat adalah negatif.

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Akar Pangkat 3. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.