Cara Menandai Warna Angka/Nilai di Bawah Rata-Rata

Oleh
Menandai Sel dengan kriteria tertentu dengan warna khusus - Setiap guru mata pelajaran sudah pasti memiliki daftar nilai dari murid-murid yang diajarnya. Pada umumnya, guru mata pelajaran selain memperhatikan murid-murid dengan nilai terbaik dikelasnya, juga akan memantau perkembangan murid yang nilainya buruk atau dibawah rata-rata kelas. Bila daftar nilai setiap murid disimpan dalam format spreadsheed seperti excel tentu sang guru akan lebih mudah mengetahui siapa saja muridnya yang termasuk dalam kategori kurang atau di bawah rata-rata. Guru tersebut tinggal memberikan tanda merah atau menandai nilai yang kurang dari rata-rata seperti yang tampak pada gambar berikut.

Untuk menandai angka/nilai yang berada dibawah rata-rata seperti yang terlihat pada gambar diatas relatif cukup mudah dengan menggunakan microsoft excel. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan :  

  1. Buka file data murid dan nilainya (atau buat baru) dengan menggunakan microsoft excel. Misalnya data tersebut seperti contoh berikut:
  2. Selanjutnya blok semua nilai tersebut, lalu klik tombol Conditional Formatting. Lalu klik item Highlight Cells Rules lalu pilih Less Than
  3. Kemudian muncul dialog Less Than, isikan nilainya dengan angka yang anda inginkan, atau menggunakan sel referensi. Sebagai contoh, karena nilai rata-rata sudah ada pada cell C17 kita bisa gunakan saja nilai sel tersebut.
  4. Secara default nilai yang ada dibawah rata-rata tersebut akan memiliki format sel berupa pink dengan huruf merah(Light Red Fill with Dark Red Text). Untuk mengganti format tersebut pilih salah satu item dari drop down list yang ada atau bisa juga menggunakan Custom Format (misalnya kita ingin warna latar kuning dengan huruf teks warna merah)
  5. Untuk membuat huruf teks merah pilih tab Font lalu pilih warna merah pada combo Color.
  6. Untuk membuat warna latar kuning caranya pilih tab Fill lalu pilih warna kuning pada pilihan Background Color lalu jika pengaturan format sudah selesai klik tombol OK
  7. Kini format sel untuk nilai yang berada di bawah nilai rata-rata akan memiliki huruf berwarna merah dengan latar belakang kuning. Selanjutnya lakukan finalisasi dengan mengatur tampilan daftar tersebut

 

Tips Menandai Sel dengan Warna Tertentu untuk Angka/Nilai di Bawah Rata-Rata

  • Penandaan cell menggunakan Conditional Formatting. Jadi bila ada angka yang memenuhi syarat yang diberikan maka tampilan akan langsung berubah. Sebagai contoh, coba ubah nilai yang dimiliki Putri menjadi 60, maka warna sel akan langsung otomatis menjadi kuning dengan huruf merah karena nilai tersebut berada di bawah rata-rata.
  • Implementasi penandaan nilai dengan warna seperti di atas dapat juga diterapkan untuk penggunaan lain yang serupa, misalnya tingkat pertumbuhan kabupaten / kota yang dibawah tingkat pertumbuhan provinsi/nasional, nilai siswa yang berada di bawah nilai passing grade, umur setiap siswa yang berada dibawah umur rata-rata kelas, gaji pegawai yang berada di bawah rata-rata, dan hal serupa lainnya
  • Aturan penandaan atau pewarnaan cell dengan menggunakan Conditional Formatting dapat menggunakan beberapa kondisi dengan perwarnaan yang berbeda pula.

Terima kasih telah membaca Cara Menandai Warna Angka/Nilai di Bawah Rata-Rata. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.