Cara Menghitung Pembagian

Oleh
Cara menghitung pembagian paragapit - Pembagian susun merupakan pelajaran pembagian bilangan yang saya dapat saat masih SD. Kali ini saya akan sharing kepada adik-adik kita yang kini sedang belajar mengenai bagaimana cara membagi bilangan. Mengapa hal ini penting? Karena pembagian merupakan pelajaran matematika dasar yang harus dipelajari dan dikuasai yang akan menentukan masa depan adik-adik kita. Salah satu syarat utama melakukan pembagian adalah adik-adik harus menguasai penjumlahan dan pengurangan terlebih dahulu dan akan lebih baik lagi jika sudah menguasai perkalian bilangan 0, 1, 2 sampai 9. Saya akan memulai dari hal yang paling sederhana. Hal ini bertujuan agar SEMUA SISWA SD TERMASUK SISWA YANG LAMBAN DAPAT MENGERTI bagaimana cara melakukan pembagian susun atau paragapit(paragapet).

Misalkan kita akan menghitung 78 : 2 = ......

Untuk mudahnya lihat ilustrasi gambar dibawah.

 Gambar: dokumen

Pertama-tama kita buat paragapit seperti yang tampak dibagian kiri. Selanjutnya ingat tentang perkalian 2 mulai dari 0 hingga 9 seperti yang tampak di sebelah kanan. Kita mulai pembagian dari angka yang paling kiri (angka 7). Cari nilai perkalian dua yang terbesar tetapi tidak melebihi angka 7. Ditemukan angka 6, atau 2 x 3 = 6.

Langkah berikutnya adalah letakkan angka 3 pada bagian atas dan angka 6 di bawah angka 7.

 Gambar: dokumen

Kurangi angka 7 dengan angka 6 menjadi 1, lalu turunkan angka 2 , sehingga sisa yang harus dibagi adalah 12. Cari kembali perkalian angka 2 yang paling besar tetapi tidak melebihi 12. Ditemukan angka 12, atau perkalian 2 x 6 = 12.

 Gambar: dokumen

Pindahkan angka 12 hasil perkalian (warna merah) ke bawah angka 12 sisa pengurangan sebelumnya (warna hitam). Angka 6 pengali dipindahkan ke bagian atas.

 Gambar: dokumen

Kurangi angka 12 hasil sisa pengurangan sebelumnya dengan angka 12 hasil perkalian didapat sisa pengurangan adalah nol. Dengan didapatnya angka nol, NILAI TERSEBUT LEBIH KECIL DARI ANGKA 2 (PEMBAGI), proses pembagian selesai. Didapat hasil bagi adalah 36 dengan sisa hasil bagi adalah nol.

Jadi jawaban pertanyaan adalah 72 : 2 = 36 sisa 0.

 Gambar: dokumen


 

Tips Menghitung Pembagian

Untuk dapat mahir menguasai perhitungan pembagian dengan langkah-langkah manual maka adik-adik harus sering-sering berlatih.

Terima kasih telah membaca Cara Menghitung Pembagian. Semoga bermanfaat.

Pengunjung aimyaya dot com, terima kasih atas kunjungan anda pada website kami.
Bila anda suka berikan klik "like" pada facebook fan page kami
 

 
dan/atau bila anda merasa artikel ini bermanfaat maka bantu promosikan dengan klik Google di bawah ini :
 

 
TIDAK DIPERKENANKAN MEMPERBANYAK baik secara OFFLINE(print out, cetakan, dsb) maupun ONLINE (blog, artikel, dsb) tanpa seizin aimyaya dot com.
 
Informasi lebih lanjut baca halaman Disclaimer serta Kebijakan dan Privasi yang kami buat.