Langsung ke konten utama

Cara Membuat Teks Mengikuti Bentuk Gambar di Ms Word

Ketika membaca koran atau majalah tidak jarang kita menjumpai teks yang ditampilkan mengikuti bentuk alur gambar, seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini. Perhatikan, pada gambar tersebut teks yang dekat dengan gambar tulisan melengkung aimyaya yang berwarna-warni akan lebih masuk mendekati gambar. Untuk membuat agar teks seperti tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dan kadang muncul dibenak kita, bagaimana cara membuatnya?! :)
gambar contoh teks yang mengikuti gambar di Microsoft Word
Microsoft word menyediakan fasilitas untuk membuat teks agar mengikuti alur gambar seperti di atas. Berikut langkah yang dapat anda lakukan di Microsoft Word 2007 untuk membuat teks mengelilingi gambar.

1. Buat ketikan teks

Ketik isi dokumen terlebih. Kalau tidak ada ketikan yang cukup banyak, tidak akan terlihat teks tersebut akan mengikuti gambar. ;)

2. Sisipkan Gambar.

Untuk menyisipkan gambar anda dapat menggunakan kompatibel shortcut ALT+I,P,F. Selanjutnya anda pilih gambar yang akan anda masukkan lalu atur ukurannya sesuai dengan keinginan anda. Misalkan kita memakai gambar yang dibuat dengan bentuk teks melingkar. Bila anda belum mengetahui cara memasukkan gambar pada dokumen, anda bisa mempelajarinya di cara menyisipkan gambar.

3. Atur Layout Gambar

Pilih / klik gambar yang anda baru sisipkan. Selanjutnya atur layout gambar menjadi “Through”. Ada dua cara untuk membuat layout gambar menjadi through:
  • Cara pertama, Pilih menu ribbon picture tools, kemudian pilih tombol Text wrapping lalu pilih Through.
  • Cara kedua, Klik kanan pada gambar tersebut lalu pilih Text wrapping lalu pilih Through.

4. Atur Warna Transparan Gambar

Tidak cukup dengan mengatur layout gambar menjadi Through. Biasanya anda harus mengatur juga warna transparan dari gambar. Cara memilih warna transparan dari gambar dapat anda lakukan sebagai berikut.
  1. Pilih / klik gambar.
  2. Pilih menu ribbon “Picture Tools
  3. Pilih tombol Recolor
    gambar : membuat warna transparan gambar di Microsoft Word
  4. Dari item pilihan yang ada, klik Set Transparent Color
  5. Pilih area yang ingin anda jadikan warna transparannya. Biasanya memiliki warna latar putih atau warna latar (background) yang dominan
gambar contoh memilih warna transparan gambar di Microsoft Word

5. Atur posisi di teks

Setelah memilih warna transparan dari gambar, aturlah posisi gambar tersebut. Anda bisa menaruhnya disebelah kiri, kanan, atau sesuai dengan keinginan anda.

Kadang teks yang anda ketik tidak mengikuti gambar yang sudah anda pilih. Kemungkinan karena warna transparan yang anda pilih tidak sesuai, atau bisa jadi walaupun secara kasat mata kita lihat warna tersebut sama, tetapi sebenarnya warna tersebut secara komposisi berbeda warnanya. Hal ini karena mata kita tidak bisa membedakannya. Oleh karena itu, gunakanlah warna gambar yang nge-blok, bukan gradiasi warna.
Selamat Mencoba.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Perkalian Pecahan

Cara Menghitung Perkalian Pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) - Kita sering mendengar kata-kata pecahan, pembilang, penyebut, sekian per sekian, dan masih banyak lagi. Berbagai macam sebutan tersebut menunjukkan bahwa nilai yang merupakan hasil pembagian sebuah bilangan dengan bilangan lainnya atau sering disebut dengan pecahan. Hakikatnya pengertian pecahan adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang dibagi, sedangkan penyebut adalah bilangan yang menjadi pembagi. Secara umum, penulisan pecahan akan lebih mudah dibaca menggunakan nilai penyebut dan pembilang yang lebih kecil atau penggunaan penyebut berbasis 5 atau 10 tetapi masih tetap memiliki nilai yang sama. Sebagai contoh, orang 1/2 akan lebih disukai daripada 500/1000, tetapi 50/100 atau 500/1000 akan lebih disukai daripada pecahan seperti 387/774. Padahal semua bilangan tersebut memiliki nilai yang sama, yakni 1/2. Oleh karena itu, biasanya dilakukan penye

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal & Heksadesimal

Konversi bilangan biasanya menjadi pengetahuan dasar yang sering atau mungkin wajib diberikan kepada mahasiswa pada mata kuliah pengenalan komputer. Karena pentingnya konsep dasar sistem bilangan dengan basis yang berbeda sehingga juga diajarkan atau diperkenalkan kepada siswa SMK/SMA atau bahkan siswa SMP. Ada empat basis bilangan yang sering digunakan yakni : bilangan berbasis dua atau yang sering disebut dengan bilangan biner (binary), digit yang digunakan adalah 0 dan 1 bilangan berbasis delapan atau sering juga disebut oktal (octal), digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 7 bilangan berbasis sepuluh atau desimal yang sering kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari, digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 8, 9; serta bilangan berbasis enambelas atau heksadesimal (hexadecimal), dengan digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3, …, 8, 9, A, B, …, E, F. Dimana A sebagai pengganti nilai 10, B=11, C=12, dst. Berikut ini akan dibahas satu persatu bilangan tersebut serta bagaimana ca