Langsung ke konten utama

Cara Mengatur Setting Free Download Manager (FDM) Supaya Lebih Cepat

Free Download Manager (FDM) merupakan salah satu download manager yang banyak dipakai orang, selain Internet Download Manager (IDM), Orbit Downloader, dan BitComet. Salah satu keuntungan FDM dibanding IDM adalah unsur GRATIS FDM. IDM yang bisa kita pakai adalah yang telah kita beli atau setidaknya merupakan shareware alias ada beberapa fasilitas yang ada di IDM tidak bisa kita manfaatkan secara maksimal. ;)
Menurut saya, FDM justru lebih bagus daripada IDM karena kita bisa mengatur settingan download sesuka kita dalam bentuk tiga konfigurasi, light mode, medium mode dan heavy mode. Untuk mengatur konfigurasi alias settingan alias options pada FDM, anda bisa menggunakan langkah berikut.

Cara Mengatur Setting Network

  1. Munculkan dialog Download Options dengan cara klik menu Options lalu pilih Download Options..
  2. Selanjutnya anda diberikan 3 pilihan mode untuk dikonfigurasi, mulai light mode yang membutuhkan sumberdaya atau resource komputer yang sedikit, medium mode untuk yang lebih berat, dan heavy mode yang membutuhkan sumberdaya/resource komputer paling banyak.
  3. gambar: mengatur setting free download manager (fdm) supaya cepat, tab network
  4. Maksimum number of connections adalah jumlah maksimum koneksi yang dapat dibuat oleh free download manager, berikan tanda check dan pada kotak isiannya berikan angka 24.
  5. Maksimum number of connections per one server adalah jumlah maksimum koneksi yang dapat dibuat untuk setiap server “penyedia jasa download”, berikan tanda check dan pada kotak isiannya berikan angka 8.
  6. Maksimum number of running download adalah jumlah maksimum proses download yang dapat dijalankan secara bersamaan, berikan tanda check dan pada kotak isiannya berikan angka 3.
  7. Jika anda memberikan tanda check pada opsi Decrease traffic usage on browser activity, maka traffic tersebut bisa digunakan untuk menambah kecepatan download, tetapi tentu saja akan mengurangi kenyamanan saat browsing.
  8. Jangan klik OK dulu, lihat dulu bagian berikutnya.. :)

Cara Mengatur Setting Mirror untuk menambah kecepatan Download

Jika anda sering melakukan download file besar, dan biasanya file tersebut umum digunakan oleh orang lain, tidak ada salahnya anda mencoba mencari mirror untuk file tersebut. Berikut cara untuk menambah kecepatan download dengan menggunakan mirror
  1. Pada dialog Download Options pilih tab Mirrors
  2. Berikan tanda check pada Automatically search for mirror URLs, untuk meminta FDM mencari file mirror secara otomatis. Isikan ukuran file minimal yang akan dicari mirrornya, defaultnya adalah 1000 KB, saran saya naikan angka tersebut menjadi 3 kali lipatnya alias 3000 KB atau 3 MB, sebagai rata-rata ukuran file mp3 dengan durasi sekitar 3 menitan ;)
  3. Jangan lupa berikan tanda check pada Don’t search if the file size is unknown (recommended). Logikanya, bagaimana kalo mirror filenya dapat nama yang sama tetapi ukuran filenya berbeda? Sudah pasti isinya akan berbeda dan file yang anda download akan rusak.
  4. gambar: mengatur setting free download manager (fdm) supaya lebih cepat dengan menggunakan mirror server
  5. Berikan check pada Maksimum number of mirrors. Nilai defaultnya adalah 6, tapi saran saya isikan nilainya dengan 3. Lihat bagian cara setting network, jumlah koneksi per server dibatasi, jadi kita batasi juga untuk mirror, agar FDM tidak terlalu sibuk mencari mirror yang lain. Ketemu 3 mirror juga sudah bagus kok. ;)
  6. Berikan tanda check pada Calculate Mirrors speed. Jadi bila saat download ternyata kecepatan download dari server mirror nya agak berkurang dibanding saat pertama ditemukan, FDM bisa mencoba mencari yang lebih baik lagi.
  7. Tentukan Mirror Search server yang anda gunakan, apakah filesearching.com atau filemirrors.com. Setiap server pasti memiliki kelebihan masing-masing.
  8. Pastikan semua telah opsi dan nilai telah terisi sesuai dengan keinginan anda. setelah itu klik OK agar konfigurasi atau setting download tersebut disimpan oleh free download manager.
  • Semakin banyak koneksi yang dilakukan oleh FDM akan membuat membutuhkan resource komputer yang semakin banyak
  • Bila kecepatan koneksi internet anda lambat dan koneksi yang anda perbolehkan terlalu banyak, maka proses download tidak akan berjalan optimal, karena proses download hanya akan sibuk berusaha mendapatkan koneksi ke server, bukan melakukan download data file yang dibutuhkan.
  • Gunakan mirror hanya untuk file berukuran besar dan biasa digunakan oleh orang banyak, seperti installan mysql, php, dsb.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Perkalian Pecahan

Cara Menghitung Perkalian Pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) - Kita sering mendengar kata-kata pecahan, pembilang, penyebut, sekian per sekian, dan masih banyak lagi. Berbagai macam sebutan tersebut menunjukkan bahwa nilai yang merupakan hasil pembagian sebuah bilangan dengan bilangan lainnya atau sering disebut dengan pecahan. Hakikatnya pengertian pecahan adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang dibagi, sedangkan penyebut adalah bilangan yang menjadi pembagi. Secara umum, penulisan pecahan akan lebih mudah dibaca menggunakan nilai penyebut dan pembilang yang lebih kecil atau penggunaan penyebut berbasis 5 atau 10 tetapi masih tetap memiliki nilai yang sama. Sebagai contoh, orang 1/2 akan lebih disukai daripada 500/1000, tetapi 50/100 atau 500/1000 akan lebih disukai daripada pecahan seperti 387/774. Padahal semua bilangan tersebut memiliki nilai yang sama, yakni 1/2. Oleh karena itu, biasanya dilakukan penye

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal & Heksadesimal

Konversi bilangan biasanya menjadi pengetahuan dasar yang sering atau mungkin wajib diberikan kepada mahasiswa pada mata kuliah pengenalan komputer. Karena pentingnya konsep dasar sistem bilangan dengan basis yang berbeda sehingga juga diajarkan atau diperkenalkan kepada siswa SMK/SMA atau bahkan siswa SMP. Ada empat basis bilangan yang sering digunakan yakni : bilangan berbasis dua atau yang sering disebut dengan bilangan biner (binary), digit yang digunakan adalah 0 dan 1 bilangan berbasis delapan atau sering juga disebut oktal (octal), digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 7 bilangan berbasis sepuluh atau desimal yang sering kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari, digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 8, 9; serta bilangan berbasis enambelas atau heksadesimal (hexadecimal), dengan digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3, …, 8, 9, A, B, …, E, F. Dimana A sebagai pengganti nilai 10, B=11, C=12, dst. Berikut ini akan dibahas satu persatu bilangan tersebut serta bagaimana ca