Cara Mematikan Autorecovery Dokumen Microsoft Excel

Fasilitas Autorecover dokumen disediakan oleh Microsoft Excel untuk mengantisipasi kehilangan data pada saat proses pengeditan berlangsung, baik itu karena listrik padam ataupun disebabkan gangguan lain seperti komputer yang hang. Meskipun autorecovery dapat membantu tetapi bila kita sedang membuka banyak file atau membuka file excel berukuran besar tentu dapat mengganggu performa kita karena adanya proes autorecover yang membutuhkan waktu dan resource komputer. Untuk mematikan autorecover dokumen microsoft excel anda dapat menggunakan langkah berikut :
  1. Klik tombol Office Button
  2. Klik tombol Excel Options yang ada dibagian kanan bawah
  3. Pada dialog Excel Options, pada panel sebelah kiri pilih item "Save"
  4. Kemudian lihat panel sebelah kanan, pada centang atau berikan tanda check pada opsi "Disable AutoRecover for this workbook only"
  5. Klik Tombol OK

Gambar: Cara mengatur dan menonaktifkan recent dokumen / file Microsoft Excel

Tips Mematikan Autorecovery Dokumen Microsoft Excel

Sebenarnya bila anda benar-benar tidak membutuhkan autorecover maka anda bisa saja mematikan semua autorecover dokumen yang sedang diedit dengan menghilangkan tanda check pada item "Save AutoRecover Information every". Meskipun demikian cara ini tidak disarankan. Sebaiknya interval waktu autorecover tersebut anda ubah menjadi cukup lama seperti menjadi 30 menit atau 60 menit (lihat artikel Cara Mengeset Waktu Autorecovery Dokumen Ms Excel). Sehingga anda tidak terlalu terganggu dengan proses autorecover.

1 komentar:

SPAM akan dihapus.