Cara Menampilkan Tabel Data di Chart/Grafik Ms Excel

Anda tentu tahu bahwa grafik yang kita buat tentunya berdasarkan tabel data. Melalui tampilan chart/grafik pembaca akan dapat dengan cepat menarik kesimpulan mengenai data yang sedang diperlihatkan. Baik itu tren penurunan, tren peningkatan, fluktuasi yang terjadi selama periode waktu tertentu dan masih banyak lagi. Dengan menampilkan tabel data pembaca akan dapat lebih memahami perkembangan yang sedang terjadi seandainya ingin mengetahui berapakah nilai pasti dari sesuatu yang ditampilkan dalam series data tersebut. Misalkan pembaca ining mengetahui secara pasti berapa Rupiah kah nilai penjualan Baju merek A pada tahun 2007. Oleh karena itu gabungan dari bentuk grafik dan tabel ini akan menjadi sangat ampuh menerangkan gejala yang ada.
 

Gambar:  Contoh Chart yang menggabungkan grafik dengan tabel data di microsoft excel

Coba perhatikan grafik di atas. Selain ada gambar grafis juga ada tabel data yang berisi angka aktual / sebenarnya. Sehingga pembaca pun bisa dengan cepat melihat bahwa Rp 139,72 juta sebenarnya adalah Rp 139.724.171,- . Sehingga bisa dikatakan bahwa chart yang berisi gambar dan tabel di atas lebih informatif daripada jika yang disajikan dalam chart hanya berupa gambar grafik saja atau hanya tabel data saja.. Untuk menampilkan tabel data dalam gambar chart grafik di microsoft excel anda dapat mengikuti cara berikut :
 

  1. Klik chart / grafik yang akan di tambahkan tabel data
  2. Klik ribbon layout
  3. Klik data Table yang ada pada grup Labels
  4. Klik item Show Data Table, atau
  5. Klik item Show Data Table with Legend Keys
  6. Tabel data akan ditampilkan di bawah grafik

Gambar:  Cara menampilkan tabel data di bawah grafik pada chart microsoft excel

Tips Cara Menampilkan Tabel Data Di Bawah Chart/Grafik Ms Excel

  • Bila anda memilih item Show Data Table with Legend Keys maka bila chart anda masih menampilkan Legend (kotak yang berisi keterangan kalau warna ini adalah series data "anu", kalau warna itu adalah series data "eno", dsb) maka hapus saja legend tersebut
  • Jika anda ingin mengatur warna dan garis untuk tabel yang ditampilkan, anda dapat mengaturnya melalui item More Data Table Options yang terletak paling bawah menu tabel data.
  • Jika anda ingin menghilangkan / menyembunyikan tabel data, maka pilih saja item None.

3 komentar:

  1. Mohon bantuannya bagaimana cara menampilkan grafik yang di input dalam beda sheet, saya input angkanya kebawah. Dan untuk menampilkan grafiknya di sheet yang baru bagaimana yaa??apa ada rumus-rumus tertentu agar grafiknya muncul secara otomatis dan angka yang saya ketik pun otomatis ada di sheet baru tersebut.
    terima kasih ditunggu jawabannya..

    BalasHapus
  2. Sama saja.. buat grafik pada sheet yang aktif lalu copy+paste grafik tersebut ke sheet yang baru.. ;)

    BalasHapus
  3. Mohon bantuannya, bagaimana cara mengatasi file excel ketika dibuka, sheetnya bermasalah, yang muncul adalah charger 505 sampai seterusnya,banyak sheet terbuka tp terbaca chart

    BalasHapus

SPAM akan dihapus.