Cara Membuat Margin Default di Ms Word

Rutinitas pekerjaan atau kegiatan yang kita lakukan berulang kali terkadang sering menggunakan format margin kertas tertentu, misalnya menggunakan format 4x4x3x3 cm yaitu 4 cm dari atas, 4 cm dari kiri, 3 cm dari kanan dan 3 cm dari bawah. Dengan tingginya frekuensi penggunaan margin tersebut maka ada baiknya format tersebut kita ubah menjadi format default margin kertas microsoft word. Sehingga bila kita membuat sebuah dokumen baru, margin yang digunakan sudah dalam bentuk 4x4x3x3 cm. Dengan demikian kita tidak perlu mengedit atau mengatur margin kertas lagi dan bisa langsung mulai mengetik dokumen.

Untuk membuat default margin kertas di microsoft word anda bisa menggunakan langkah berikut :

  1. Klik ribbon Page Layout
  2. Klik tombol page setup atau klik tombol Margin lalu pilih Custom Margin
  3. Pada dialog Page Setupisikan margin kertas pada bagian Margin, misalkan kita ingin membuat 4 cm dari tepi atas kertas, 4 cm dari tepi kiri kertas, 3 cm dari tepi kanan kertas dan 3 cm dari tepi bawah kertas.
    • Isikan pada kotak Top dengan angka 4 cm
    • Isikan pada kotak Left dengan angka 4 cm
    • Isikan pada kotak Bottom dengan angka 3 cm
    • Isikan pada kotak Right dengan angka 3 cm
  4. Selanjutnya klik tombol Default
  5. Anda akan ditanya apakah akan menyimpan setting yang anda lakukan sebagai setting page setup default. Klik tombol Yes.
  6. Selanjutnya setiap anda membuat dokumen baru margin yang digunakan adalah margin yang tadi anda isikan (misal 4x4x3x3 cm).

Gambar: Membuat Margin Default  di microsoft word

Tips Cara Membuat Margin Default di Microsoft Word

Pada saat mengetikkan nilai page margin isikan juga dengan satuan ukuran yang digunakan,misalkan 4 cm untuk 4 centimeter dan 1.5" untuk satu setengah inci. Bila satuan ukuran tidak anda sertakan maka akan digunakan satuan ukuran yang berlaku di microsoft word. Lihat juga cara untuk merubah satuan ukuran dari inchi menjadi centimeter di microsoft word.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.