Cara Mencari Nilai Tertinggi di Ms Excel

Microsoft excel merupakan aplikasi spreadsheet yang memiliki berbagai fasilitas untuk melakukan perhitungan maupun manipulasi terhadap data angka dan tabel. Selain melakukan penjumlahan dan perhitungan, microsoft excel juga memiliki fasilitas lainnya seperti pencarian angka tertinggi atau nilai maksimum dari serangkaian data bilangan.

Untuk mencari nilai tertinggi dari sederetan angka kita bisa menggunakan fungsi atau rumus =MAX(). Untuk menggunakan fungsi MAX kita harus mengikuti aturan berikut : =MAX( angka1, angka2, …) Atau =MAX( Range sel) Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut:

  1. Misalkan kita memiliki data bilangan 8, 10, 12, 4, 17, 11, 6, 5, 9 .
  2. Lantas berapakah angka atau nilai tertinggi dari deretan bilangan tersebut ? ketik saja rumus =MAX(8, 10, 12, 4, 17, 11, 6, 5, 9) pada sebuah sel kosong dan anda akan langsung mendapatkan jawabannya, yakni nilai 17 .
  3. Akan lebih mudah lagi bila kita telah memiliki data tersebut di excel, kita tinggal menggunakan saja range sel untuk data tersebut, misalkan =MAX(A2:A10) .

Gambar: Contoh cara mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi MAX() microsoft excel

Tips Cara Mencari Nilai Tertinggi di Microsoft Excel

Untuk mencari nilai terendah anda dapat menggunakan fungsi MIN() atau untuk lebih jelasnya lihat Cara Mencari Nilai Terendah/Terkecil di Microsoft Excel.

Bila microsoft excel anda menggunakan separator ";" maka rumus yang harus anda tulisa adalah =MAX(8; 10; 12; 4; 17; 11; 6; 5; 9)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.