Cara Menampilkan Recent Documents/Items di Windows

Recent documents atau Recent items merupakan daftar file-file yang terakhir kita buka. Dengan adanya recent documents atau recent items ini kita bisa dengan cepat membuka sebuah file tanpa perlu membuka terlebih dahulu program utamanya. Misalnya anda ingin membuka sebuah file dokumen word yang terakhir anda edit, tentu anda tinggal klik saja langsung pada item recent tersebut dan dokumen anda akan langsung tampil tanpa anda harus menjalankan Program Microsoft Word terlebih dahulu. Untuk menampilkan Recent Documents atau Recent Items di Windows 7 anda dapat melakukannya melalui properties taskbar/start menu. Untuk lebih jelasnya lihat langkah berikut :
  1. Klik kanan pada area taskbar atau start menu lalu pilih item Properties
  2. Pada dialog Taskbar and Start Menu properties pilih tab Start Menu
  3. Lalu klik tombol Customize
  4. Gambar: Cara mengatur / kustomisasi start menu di microsoft windows

  5. Selanjutnya pada dialog Customize Start Menu scroll dan cari item Recent Items lalu berikan tanda check pada item tersebut
  6. Untuk mengatur jumlah Recent items yang ingin anda tampilkan ubah isi kotak Number of recent items to display in jump lists, misalkan dengan ganti dengan angka 5, 15 atau terserah anda.
  7. Lalu klik tombol OK untuk menutup dialog Customize Start menu
  8. Klik tombol OK sekali lagi untuk menutup dialog Taskbar And Start menu properties

Gambar: Cara mengatur / kustomisasi Recent Items pada start menu di microsoft windows


 

Tips Cara Menampilkan Recent Documents di Windows 7

  • Sebelum menampilkan dialog Customize Start Menu anda harus memastikan bahwa ada tanda check pada item Store and display recently opened items in the start menu and the taskbar yang ada pada kotak privacy di dialog Taskbar and startmenu properties.
  • Selain menampilkan anda juga bisa menghilangkan Recent Document / Recent items di Windows
  • Beberapa program aplikasi seperti microsoft word, microsoft excel, dsb, menyimpan sendiri rencent files pembukaan dokumen mereka. Anda harus mengatur sendiri konfigurasi setiap aplikasi tersebut. Sebagai contoh, lihat Cara Mengatur dan Menonaktifkan Recent Dokumen Microsoft Excel atau bagaimana Cara Mengatur Jumlah Recent Files di Ms Word

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.