Langsung ke konten utama

Cara Mudah Belajar Microsoft Excel


Microsoft Excel atau biasa sering kita sebut Excel merupakan program aplikasi spreadsheet buatan Microsoft corporation sebuah perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat. Di masa-masa awal, excel yang berbasis under windows bersaing ketat dengan lotus yang pada awalnya berbasis under DOS untuk menjadi pemimpin aplikasi spreadsheet. Seiring dengan berjalannya waktu, pengguna lebih familiar dengan penggunaan program berbasis grafis seperti windows dan MacOS. Kepopuleran Excel pun meninggalkan lotus jauh dibelakang.
 

Microsoft Excel Aplikasi Spreadsheet populer

Excel sebagai aplikasi spreadsheet memiliki keunggulan dalam pembuatan tabel, perhitungan atau kalkulasi data, pengaturan tampilan (formatting) serta pembuatan chart atau grafik. Sehingga sudah sewajarnya, program aplikasi tersebut dipakai mulai dari perusahaan besar, instansi pemerintah, hingga untuk skala rumah tangga atau bahkan per orangan. Oleh karena itu, siapapun cocok dan dapat belajar excel sebab excel dapat membantu memudahkan berbagai pekerjaan baik mulai dari pencatatan keuangan, pembuatan tabel, statistik dan analisis data penelitian, pembuatan formulir maupun perhitungan matematis baik yang bersifat untuk kepentingan pribadi maupun korporasi.

 

Dukungan Resource Excel yang Melimpah

Dengan cakupan pemakaian yang luas, microsoft excel bersama microsoft word mendominasi dan bahkan menjadi alat bantu utama dalam kegiatan sehari-hari. Lebih jauh lagi, komputer atau laptop kurang lengkap rasanya jika tidak ada kedua program tersebut. Dengan demikian sudah sewajarnya kedua program tersebut diperkenalkan dan diajarkan sejak dini kepada siswa SMP atau bahkan siswa SD. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya buku cetak dan ebook, modul dan bahan ajar maupun tutorial dan panduan excel yang beredar luas di masyarakat maupun di internet baik untuk tingkat pemula maupun mahir (expert) yang disediakan secara gratis (free) maupun berbayar.

 

Mengenal aplikasi Excel

Hal paling penting untuk bisa menggunakan Excel adalah anda harus mengetahui tentang interface Excel. Interface Excel mempermudah pengguna untuk melakukan dan menyelesaikan pekerjaannya,. Dari sekian banyak elemen yang ada, ada beberapa komponen penting yang mutlak harus diketahui, yakni Office Button, Ribbon dan toolbar, Worksheet, formula bar, baris dan kolom, dan tentunya sel yang aktif. Untuk lebih jelasnya dapat anda lihat tampilan antarmuka (interface) Microsoft Excel di bawah ini.




 

Fitur Fungsi yang tersedia di Excel

Keunggulan utama aplikasi spreadsheet adalah tersedianya bermacam fungsi yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan atau tugas kita karena untuk urusan hitung menghitung kita tinggal menggunakan fungsi yang sesuai. Pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk menggunakan rumus atau formula di Excel diantaranya berkaitan penamaan sel dan range, serta bagaimana cara melakukan passing parameter pada fungsi agar memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Seiring dengan pengalaman yang akan anda dapat, anda akan mengetahui dengan baik fungsi mana yang terbaik untuk digunakan dalam melakukan manipulasi data untuk menyelesaikan kasus yang anda hadapi.

 

Antarmuka (Interface) Excel yang User Friendly

Kemudahan untuk mengatur tampilan juga merupakan prioritas unggulan software spreadsheet ini. Pengguna dapat dengan mudah mengatur tampilan tabel dan data agar menarik dan mudah dibaca, baik hanya untuk sekedar ditampilkan dilayar, pencetakan di atas kertas hingga untuk ditampilkan di website. Aplikasi ini memberikan berbagai fitur untuk formating cells sehingga anda bisa melakukan nyaris semuanya hanya dengan menggunakan klik mouse baik untuk membuat border, warna, format nomor dan angka, mata uang, pecahan dan desimal, negatif, jam dan tanggal, jenis font, ukuran huruf, merge cells, arah rotasi teks, alignment, indent, kondisional formatting, dan masih banyak lagi.

 

Dukungan Fasilitas Pembuatan Grafik

Seperti halnya kemudahan pengaturan format sel, membuat grafik dan chart juga merupakan fasilitas yang dapat anda temukan dan lakukan dengan mudah. Program ini menyediakan bermacam jenis grafik dan chart yang siap anda pakai. Anda bisa membuat diagram batang/kolom, grafik garis (line), grafik pie/kue, bar, scatter plot maupun grafik jenis lain seperti donut,surface 3D maupun grafik sparkline. Siapkan data anda lalu biarkan sisanya excel yang akan menyelesaikan. Kemudian anda tinggal melakukan finishing dengan mengatur tampilan maupun elemen dalam grafik tersebut.

 

Kemudahan penyisipan object

Aplikasi ini juga memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word. Anda bisa membuat gambar menggunakan aplikasi lain lalu menambahkan gambar tersebut ke dalam dokumen atau untuk mengganti dan menukar dengan gambar yang sudah ada. Kemudian membuat garis dan bentuk shape lainnya, menghiasi dokumen dengan WordArt, ataupun menambahkan struktur organisasi yang dibuat dengan SmartArt juga dapat anda lakukan dengan mudah. Melalui fasilitas header dan footer penambahan field khusus seperti nomor halaman, tanggal, nama file/dokumen, maupun gambar logo juga bukan masalah berarti.

 

Kemampuan untuk berbagi (sharing) data dengan aplikasi lain

Data yang anda miliki di Excel juga bisa di transfer atau di sharing untuk digunakan oleh program lain. Data tersebut bisa diperlakukan layaknya sebuah tabel dalam database. Anda bisa mengedit, menghapus maupun menambah data seperti halnya anda melakukan manipulasi data pada database seperti Microsoft Access, Oracle, SQL Server maupun MySQL.


 

Back to Top of Page

Komentar

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word

Kadang kita ingin membuat sebuah kertas baik itu A4, Folio/F4 atau yang lainnya, bisa menjadi dua halaman. Hal tersebut kita lakukan agar hasil pencetakan (print) menjadi lebih kecil dan praktis untuk dibawa-bawa. Kita bisa mencetak 2 buah halaman A4 dalam satu lembar kertas A4 , tetapi pada kertas hasil cetak ukuran font yang dicetak tentu akan menjadi lebih kecil dari yang kita gunakan. Untuk menjaga agar ukuran font tetap dan hasil cetak tetap bisa dua halaman dalam satu kertas, maka anda bisa mengaturnya di Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut. Klik menu ribbon Page Layout , Kemudian klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup Selanjutnya pada dialog Page Setup tersebut pilih tab Margin Kemudian pada bagian Orientation pilih Landscape Pada bagian Pages , isikan nilai Multiple pages dengan 2 pages per sheet Kemudian klik tombol OK . Tips Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word Anda bisa menggunakan cara membagi kertas t

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan

Cara Menghitung Persentase Kehadiran Siswa

Menghitung Tingkat Kehadiran Siswa - Kehadiran siswa merupakan hal penting dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Semakin sering hadir di sekolah, siswa diharapkan dapat menerima pelajaran lebih banyak. Bahkan, kehadiran menjadi salah satu faktor dalam penentuan nilai sebuah mata pelajaran atau bahkan kelulusan seorang siswa. Secara umum, penyebab KETIDAKHADIRAN siswa dikelompokkan menjadi tiga macam, yakni Sakit atau sering ditulis dengan huruf " s ", Izin ( i ) dan tanpa keterangan alias Alpa ( a ). Dari sini, dengan menggunakan microsoft excel , kita bisa membuat daftar hadir siswa sekaligus menghitung persentase kehadiran siswa serta tingkat kehadiran siswa di kelas pada bulan tertentu. Pembuatan perhitungan kehadiran siswa dapat di bagi menjadi : Daftar Hadir / Absensi harian siswa . Menghitung Kehadiran Harian Siswa Menghitung Ketidakhadiran Bulanan Per Siswa Menghitung Tingkat Kehadiran Bulanan Per Siswa Menghitung Persentase Kehadiran

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center