Cara atau Trik Menambahkan Teks Pada Rumus Excel

Rumus di excel sangat beragam dan memiliki kegunaan masing-masing. Kita biasanya menggunakan dua buah sel untuk sebuah hasil perhitungan. Satu sel digunakan untuk rumus perhitungan, sel yang satunya lagi digunakan untuk memberikan keterangan tentang hasil, misalkan "TOTAL", "JUMLAH", dan lain sebagainya. Padahal kita bisa menghemat pemakaian sel dengan membuat keduanya diletakkan dalam satu sel sehingga membuat hasil perhitungan tersebut menjadi lebih berarti atau bermakna.

Microsoft Excel mengenal keterangan seperti "TOTAL", "JUMLAH", "KEUNTUNGAN", "SALDO", dan sejenisnya sebagai data bertipe string. Untuk menggabungkan string tersebut ke dalam sel kita bisa menggunakan operator atau tanda "&". Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut.

  1. Misalkan kita memiliki 10 buah bilangan acak yang terletak di sel A1 hingga A10.
  2. Letakan kursor pada sel C3, lalu ketikkan =SUM(A1:A10). Microsoft Excel akan menghitung dan menampilkan hasil penjumlahan, misalkan 94.
  3. Letakan kursor pada sel C4, lalu ketikkan ="Jumlah " & SUM(A1:A10)
    Microsoft Excel akan menghitung dan menampilkan teks "Jumlah : " dan hasil penjumlahan, misalkan Jumlah : 94.
  4. Anda bisa mengganti teks tersebut sesuai dengan kebutuhan anda. String yang ditambahkan akan ditampilkan sesuai dengan yang anda ketik, jika anda mengetik "jUMLAH" maka akan ditampilkan "jUMLAH", jika mengetiknya "JumLAh" maka yang akan ditampilkan juga adalah "JumLAh"

 Gambar: contoh menambahkan string  pada hasil perhitungan di Microsoft Excel


 

Tips Menambahkan Teks Pada Rumus Excel

  • Data bertipe string tidak bisa dijumlahkan seperti halnya angka numerik.
  • Fungsi SUM memberikan hasil penjumlahan nilai numerik. Pada contoh di atas nilai hasil perhitungan tersebut otomatis dikonversi menjadi string oleh microsoft excel.
  • selain fungsi SUM() anda juga bisa menggabungkan string dengan fungsi lainnya seperti AVERAGE, VLOOKUP, HLOOKUP, dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.