Langsung ke konten utama

Cara Mencetak Semua Kolom Excel dalam Satu Lembar Kertas

Setelah mengatur orientasi dan memilih ukuran kertas sebelum mencetak dokumen excel hal yang perlu kita lakukan adalah mengatur ukuran margin terlebih dahulu. Setelah ketiga hal tersebut diatur baru kita biasanya mengatur bagaimana tampilan dokumen saat dicetak. Pengaturan tampilan dokumen excel erat kaitannya dengan pengaturan lebar kolom yang digunakan. Hasil cetak biasanya akan lebih enak dibaca jika semua kolom ditampilkan dengan memanfaatkan secara maksimal lebar kertas tanpa menyisakan satu atau dua kolom berukuran kecil pada halaman berikutnya.

Fasilitas scaling dapat kita gunakan untuk mengatur hasil cetakan excel. Dengan fasilitas tersebut kita bisa memperbesar/memperkecil dokumen pada saat pencetakan. Bila anda pengguna pada office 2007 atau yang lebih baru, anda dapat membuat hasil cetakan agar dapat menampung semua kolom dalam satu lembar kertas dengan menggunakan cara berikut :

  1. Atur margin, orientasi dan ukuran kertas terlebih dahulu
  2. Pilih area yang akan dicetak, bila belum lakukan dengan cara :
    • Blok seluruh sel atau area yang akan dicetak
    • Lalu klik ribbon Page layout, klik tombol Print Area kemudian pilih Set Print Area, atau
    • Tekan tombol ALT+P lalu tekan huruf R, S
  3. Selanjutnya klik tab ribbon Page layout
  4. Pada grup Scale to Fit, ubah isi kotak Width menjadi 1 page
  5. Mulai kini saat dokumen di print maka semua kolom akan ditampilkan dalam 1 lembar kertas

 Gambar: Cara membuat hasil cetak menjadi 1 halaman/kertas melalui dialog Page Setup di Microsoft Excel

Bila anda menggunakan microsoft Office 2003 anda dapat mengaturnya dengan cara manual "trial and error" atau mencoba dan mencoba lagi hingga skala pencetakan sesuai dengan lebar kertas. Tetapi daripada mencoba penggunaan skala cetak berulang kali akan lebih baik bila kita mengatur tampilan cetak dengan menggunakan page break preview seperti langkah berikut:
  1. Atur margin, orientasi dan ukuran kertas terlebih dahulu
  2. Pilih area yang akan dicetak, bila belum lakukan dengan cara :
    • Blok area yang akan di print
    • Klik ribbon Page layout, klik tombol Print Area lalu pilih Set Print Area
  3. Kemudian ubah tampilan menjadi Page break preview dengan cara :
    • Klik ribbon View lalu pada grup Workbook views yang terletak di bagian kiri klik tombol Page break preview, atau
    • Tekan tombol ALT+W lalu tekan huruf I
    • Jika ada konfirmasi tentang mode page break preview klik saja tombol OK.
  4. Selanjutnya anda akan melihat print area berwarna putih dengan warna garis border biru tebal sedangkan area yang tidak akan dicetak akan berwarna gelap.
  5. Perhatikan ada garis biru putus-putus pada dokumen anda. Tarik (drag) garis tersebut ke arah kanan menuju ke border garis biru solid / area gelap.
  6. Garis putus-putus tersebut kemudian akan hilang, dan scaling untuk pencetakan kolom akan disesuaikan dengan lebar kertas.

 Gambar: Cara membuat hasil cetak menjadi 1 halaman/kertas melalui dialog Page Setup di Microsoft Excel

 

Tips Cara Mencetak Kolom Excel Mengikuti Lebar Kertas

  • Sebelum mengatur scaling anda harus mengatur orientasi, ukuran dan margin kertas terlebih dahulu agar anda tidak perlu mengulangi lagi proses scaling pencetakan lagi.
  • Dengan cara yang mirip, anda juga dapat melakukan pengesetan agar semua baris dapat ditampilkan sesuai dengan tinggi kertas.


Komentar

  1. terimakasih untuk ilmu yg sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Terima kasih untul artikel yang sangat berguna!

    BalasHapus
  3. Trimakasih atas ilmunya gan

    BalasHapus
  4. sangat membantu terima kasih banyak

    BalasHapus
  5. sangat bermanfaat ilmunya

    BalasHapus
  6. Terimakasih atas ilmunya sangat bermanfaat banget

    BalasHapus
  7. terima kasih infonya,saya yg biasanya membayar jasa ngeprinkan jadi selembar
    ,sekarang sudah sudah bisa sendiri

    BalasHapus
  8. Terima kasih bg...atas infonya.

    BalasHapus
  9. terima kasih ilmunya..mantappp
    semoga jadi amal ibadah aamiin

    BalasHapus
  10. terimaksih banyak... sangat bermanfaat ...!

    BalasHapus
  11. Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Perkalian Pecahan

Cara Menghitung Perkalian Pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) - Kita sering mendengar kata-kata pecahan, pembilang, penyebut, sekian per sekian, dan masih banyak lagi. Berbagai macam sebutan tersebut menunjukkan bahwa nilai yang merupakan hasil pembagian sebuah bilangan dengan bilangan lainnya atau sering disebut dengan pecahan. Hakikatnya pengertian pecahan adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang dibagi, sedangkan penyebut adalah bilangan yang menjadi pembagi. Secara umum, penulisan pecahan akan lebih mudah dibaca menggunakan nilai penyebut dan pembilang yang lebih kecil atau penggunaan penyebut berbasis 5 atau 10 tetapi masih tetap memiliki nilai yang sama. Sebagai contoh, orang 1/2 akan lebih disukai daripada 500/1000, tetapi 50/100 atau 500/1000 akan lebih disukai daripada pecahan seperti 387/774. Padahal semua bilangan tersebut memiliki nilai yang sama, yakni 1/2. Oleh karena itu, biasanya dilakukan penye

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal & Heksadesimal

Konversi bilangan biasanya menjadi pengetahuan dasar yang sering atau mungkin wajib diberikan kepada mahasiswa pada mata kuliah pengenalan komputer. Karena pentingnya konsep dasar sistem bilangan dengan basis yang berbeda sehingga juga diajarkan atau diperkenalkan kepada siswa SMK/SMA atau bahkan siswa SMP. Ada empat basis bilangan yang sering digunakan yakni : bilangan berbasis dua atau yang sering disebut dengan bilangan biner (binary), digit yang digunakan adalah 0 dan 1 bilangan berbasis delapan atau sering juga disebut oktal (octal), digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 7 bilangan berbasis sepuluh atau desimal yang sering kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari, digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 8, 9; serta bilangan berbasis enambelas atau heksadesimal (hexadecimal), dengan digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3, …, 8, 9, A, B, …, E, F. Dimana A sebagai pengganti nilai 10, B=11, C=12, dst. Berikut ini akan dibahas satu persatu bilangan tersebut serta bagaimana ca