Cara Mudah Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word merupakan perangkat lunak (software ) aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk pembuatan naskah atau dokumen yang berisi teks atau tulisan. Dengan antar muka (interface ) yang user friendly maka cara menggunakan microsoft word pun menjadi relatif lebih mudah. Umumnya anda bisa membuat atau menggunakan fasilitas yang ada dengan beberapa cara sehingga anda bisa memilih untuk menggunakan cara yang menurut anda lebih mudah. Semakin tinggi versi microsoft word yang digunakan, memiliki fasilitas atau kemampuan yang jauh semakin lebih baik pula.

 

Menggunakan tombol ribbon toolbar

Ribbon di microsoft word terdiri atas beberapa tab yakni tab ribbon Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, View, Add-Ins dan Developer. Masing-masing tab ribbon tersebut terdiri atas sekumpulan grup tombol toolbar yang dikelompokkan berdasarkan fungsi atau kegunaan yang serupa. Misalkan tab ribbon Home berisi perintah yang umum digunakan di microsoft word, tab ribbon Insert terdiri atas icon-icon tombol yang berfungsi untuk menyisipkan gambar, objek, tabel, dsb. Untuk menggunakan ribbon toolbar microsoft word anda bisa memilih / klik langsung pada tombol yang ada sesuai dengan perintah yang anda inginkan. Misalkan untuk membuat tulisan / huruf tebal, anda harus klik tab ribbon Home lalu klik tombol dengan gambar icon huruf B.


 Gambar: Cara membuat tulisan tebal (bold) di Microsoft Word


 

Menggunakan klik kanan mouse

Perintah atau command yang ada di microsoft word selain ditampilkan pada ribbon juga bisa ditampilkan pada popup menu yang dimunculkan dengan memanfaatkan klik kanan tombol mouse. Klik kanan tersebut akan menampilkan popup menu dengan perintah yang berbeda tergantung pada tempat / lokasi klik kanan dilakukan (perintah yang ditampilkan disesuaikan apakah untuk area teks, gambar, shape object, smart art, hyperlink, equation editor, dsb). Sebagai contoh lihat cara untuk membuat huruf tebal menggunakan klik kanan tombol mouse berikut ini: Sorot teks terlebih dahulu, lalu klik kanan pada blok teks tersebut, kemudian pilih tombol dengan icon B

 Gambar: Cara membuat tulisan tebal (bold) melalui mini toolbar di Microsoft Word


 

Menggunakan Keyboard shortcut

Keyboard shortcut atau shortcut key merupakan penekanan kombinasi tombol keyboard untuk melaksanakan fungsi atau perintah tertentu di microsoft word. Keyboard shortcut biasanya memanfaatkan tombol CTRL , ALT dan SHIFT . Misalkan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode penulisan tebal di microsoft word kita bisa menggunakan keyboard shortcut CTRL+B .
Cara mudah mengetahui shortcut key pada perintah di microsoft word adalah anda mengarahkan kursor mouse pada tombol mini toolbar atau ribbon lalu diamkan sesaat. Biasanya nanti akan muncul tool tips atau informasi mengenai tombol tersebut beserta shortcut key yang bisa anda gunakan.


 Gambar: Contoh tampilan tooltips/hint  tulisan tebal (bold) di Microsoft Word


 

Tips Cara Mudah Menggunakan Microsoft Word

Cara paling mudah menggunakan microsoft word adalah sesuai dengan selera dan kebiasaan anda. Bila menurut anda lebih mudah menggunakan keyboard shortcut maka gunakanlah keyboard shortcut. Bila lebih mudah menggunakan klik kanan maka gunakanlah klik kanan, atau bila lebih mudah lewat ribbon maka gunakanlah tombol yang ada di ribbon microsoft word. Meskipun demikian harus disadari bahwa tidak semua perintah di microsoft word memiliki shortcut key. Juga, tidak semua perintah ribbon bisa diakses dengan klik kanan. Bahkan, tidak semua perintah microsoft word ditampilkan di ribbon! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.