Daftar Fungsi Konversi Bilangan di Microsoft Excel

Konversi bilangan sering dipelajari saat pelajaran atau kuliah pengenalan komputer. Ada 4 jenis bilangan yang sering digunakan, yakni desimal, heksadesimal, biner, dan oktal. Secara konsep, konversi bilangan secara manual dapat anda lihat pada bahasan cara melakukan konversi bilangan desimal, heksadesimal, biner dan oktal. Bila anda sedang memerlukan atau berlatih melakukan konversi bilangan, berikut ini ada 12 fungsi yang dapat anda gunakan untuk melakukan konversi bilangan di microsoft excel :

 Gambar: Daftar fungsi konversi bilangan desimal, biner, oktal dan heksadesimal di Microsoft Excel


Misalkan anda ingin melakukan konversi bilangan dari desimal ke biner maka fungsi yang harus anda pakai adalah DEC2BIN() . Sedangkan untuk konversi bilangan oktal ke heksadesimal maka fungi yang harus anda gunakan adalah OCT2HEX() , demikian seterusnya. Lihat contoh dibawah ini untuk melakukan konversi nilai 34 dalam desimal menjadi bilangan biner.


 Gambar: Contoh penggunaan salah satu fungsi konversi bilangan (desimal ke biner) di Microsoft Excel



 

Tips Fungsi Konversi Bilangan di Microsoft Excel


Untuk melakukan konversi bilangan anda dapat mengingatnya dengan mudah. Gunakan DEC untuk desimal, BIN untuk biner, OCT untuk oktal, dan HEX untuk heksadesimal lalu gunakan angka 2 ditengah fungsi konversi. Misalkan untuk konversi oktal ke desimal, berarti OCT, 2, DEC. atau secara lengkap ditulis : OCT2DEC() .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.