Cara Membuat Tabel di Tengah Halaman di Ms Word

Posisi tabel dalam dokumen yang kita buat menggunakan microsoft word sering menjadi perhatian tersendiri. Umumnya tabel diletakkan rata kiri atau rata tengah dari halaman. Diletakkan rata kiri agar cepat beres, padahal yang paling dianjurkan adalah tabel yang berada di tengah halaman karena judul tabel pun diletakkan di tengah halaman :) . Bila kita mengetahui cara cepat menempatkan tabel ditengah halaman pasti akan langsung dilakukan tanpa perlu menggeser-geser garis tabel ke kiri dan ke kanan.


 Gambar: Contoh tabel ditengah-tengah halaman di microsoft word


Untuk membuat tabel berada ditengah-tengah halaman pun sangat mudah. Di microsoft Word anda bisa memanfaatkan center paragraph (rata tengah/center alignment) pada tabel. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut.
  1. Pilih tabel yang akan dibuat berada di tengah halaman. Arahkan kursor ke tabel. Anda akan melihat tanda yang mirip tanda + yang muncul di kiri atas tabel. Klik tanda tersebut
  2. Selanjutnya klik ribbon Home lalu klik tombol Center Text yang ada di grup Paragraph , atau
  3. Tekan tombol keyboard (shortcut) CTRL+E
  4. Lihat, posisi tabel akan berada ditengah-tengah halaman


 Gambar: Cara membuat tabel ditengah-tengah halaman di microsoft word



 

Tips Cara Membuat Tabel di Tengah Halaman di Microsoft Word

  1. Posisi tabel ditengah halaman akan tergantung pada margin kiri dan kanan dari kertas
  2. Tabel hanya bisa dipindah bila anda hanya melakukan seleksi (sorot) pada satu tabel penuh saja. Tidak bisa dilakukan bila hanya sebagian, atau ada teks di luar tabel yang ikut disorot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.