Cara Mengatur Posisi Tulisan di Tabel Ms Word

Tampilan tabel yang bagus akan sangat enak untuk dilihat dan menarik minat orang untuk membaca. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan mengatur letak atau posisi tulisan (teks) yang ada di dalam sel Tabel, baik secara horizontal (rata kiri, kanan, tengah, justify) ataupun secara vertikal (atas, tengah dan bawah). Untuk mengatur teks yang ada di dalam tabel kita bisa menggunakan fasilitas yang ada di grup Alignment yang ada di ribbon Layout pada Table Tools.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada contoh cara pengaturan teks berikut :

  1. Misalkan kita akan mengatur teks yang ada pada judul tabel agar terletak di dalam tabel dengan posisi ditengah-tengah baik secara vertikal maupun horizontal.
  2. Sorot atau blok sel yang ada pada header (kepala) tabel
  3. Kemudian klik ribbon Layout yang merupakan bagian dari Table Tools
  4. Lalu klik tombol Align Center untuk membuat posisi teks ditengah-tengah baik secara vertikal maupun horizontal.
  5. Teks selanjutnya akan berada ditengah baik secara vertikal dan horizontal.
 Gambar: Cara membuat teks ditengah-tengah sel tabel microsoft word

Selain membuat teks ditengah secara vertikal dan horizontal, ada pilihan lainnya yang ada di grup Alignment yang bisa anda gunakan sehingga anda bisa menggabungkan posisi teks vertikal (atas, tengah, bawah) dengan posisi teks horizontal ( kiri, tengah, kanan). Untuk lebih jelasnya lihat penggunaan tombol berikut :

 Gambar: Pembagian tombol untuk pengaturan teks di sel tabel microsoft word baik secara horizontal (rata kiri, tengah, kanan) dan secara vertikal (rata atas, tengah bawah)

 

Tips Cara Mengatur Posisi Tulisan di Tabel Microsoft Word

Bila anda melihat tampilan teks kurang sesuai dengan keinginan anda (terutama saat bembandingkan jarak antara teks dengan garis/border sel tabel), hal tersebut dikarenakan pengaturan posisi teks secara vertikal dan horizontal juga tergantung pada margin sel pada tabel, baik margin left, top, bottom, dan right.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *