Cara Menjumlahkan Bilangan dengan Nominal Tertentu di Ms Excel

Saat membuat rekapitulasi (aggregat / jumlah ) nilai kadang kita ingin mengetahui seberapa besar jumlah yang dari segini sampai segitu, atau dari sekian sampai sekian. Hal ini kita lakukan untuk mengetahui komposisi manakah yang terbanyak. Dalam aplikasi sehari hari, kita mungkin ingin mengetahui jumlah tabungan yang kelas menengah ke bawah apakah lebih banyak dari penabung kelas menengah ke atas, atau sebaliknya.
Untuk menghitung jumlah dengan kriteria tertentu kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan dalam microsoft excel 2010 yakni berupa fungsi SUMIF(). Berikut contoh cara menggunakan fungsi tersebut:
  1. Misalkan kita memiliki daftar pada range B2 hingga B11 berupa angka tabungan yang kurang dari 10 juta yang juga sudah kita hitung jumlahnya dengan menggunakan fungsi SUM().
  2. Selanjutnya kita ingin mengetahui berapakah jumlah untuk tabungan yang kurang dari Rp 5 juta dan untuk tabungan yang lebih/sama dengan Rp 5 juta
  3. Untuk melakukan hal tersebut misalnya pada sel B15 ktia ketik rumus =SUMIF(B2:B11,"<5000000") untuk mengetahui jumlah tabungan yang bernilai kurang dari 5 juta.
  4. Adapun untuk tabungan yang lebih atau sama dengan 5 juta pada parameter kriteria kita ganti tanda “<”dengan “>=” sehingga rumus menjadi =SUMIF(B2:B11,">=5000000")

 Gambar: Contoh rumus cara menghitung dengan kriteria nominal tertentu di microsoft excel 2010


 

Tips Cara Menjumlahkan Bilangan dengan Nominal Tertentu di Microsoft Excel 2010

Untuk kriteria sama dengan (=), anda cukup menulis langsung bilangannya dan juga bisa tanpa tanda kutip. Bila anda ingin kriteria yang lebih banyak, maka gunakan fungsi SUMIFS().
Jika anda ingin mengetahui jumlah penabung yang uangnya kurang dari 5 juta( atau sebaliknya, lebih dari /sama dengan 5 juta) maka gunakan fungsi COUNTIF().

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.