Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai di Excel 2010

Kita sering menjumpai daftar nilai, angka atau bilangan dalam kehidupan sehari-hari baik berupa nilai rapor, hasil ujian, hasil survei, dan masih banyak lagi. Ada banyak yang bisa dilakukan dengan daftar nilai tersebut, diantaranya adalah dengan memberikan warna pada sebuah nilai sesuai dengan urutannya di dalam daftar.

 Gambar: Contoh pemberian warna sel berdasarkan  urutan nilai dalam daftar di microsoft excel 2010

Misalkan warna yang paling kecil (minimum) memiliki warna putih, nilai yang lebih besar memiliki warna yang lebih merah, nilai yang lebih besar lagi memiliki warna lebih merahlagi, dan seterusnya hingga nilai maksimum yang memiliki warna merah yang paling gelap (perhatikan tingkat warna kemerahan pada gambar di atas). Untuk melakukan hal tersebut kita bisa memanfaatkan fasilitas conditional formatting yang telah disediakan di microsoft excel 2010 seperti contoh berikut :

  1. Blok / sorot daftar nilai yang anda miliki
  2. Selanjutnya pada ribbon Home klik tombol Conditional Formatting yang ada di grup Styles .
  3. Lalu pilih item Color scales dan dari daftar pilihan yang ada klik Red – White Color Scale
  4. Daftar tadi akan dibuat mulai dari warna putih untuk nilai yang paling kecil (minimum)hingga warna paling merah (tua) untuk nilai yang paling besar (maksimum).
 Gambar: Cara membuat warna sel (kemerahan) berdasarkan urutan nilai dalam daftar di microsoft excel 2010

 

Tips Cara Mewarnai Sel Dengan Warna Otomatis Sesuai Urutan Nilai

Selain menggunakan warna gradiasi atau tingkatan warna putih hingga merah, anda juga bisa menggunakan warna-warna lainnya. Meskipun demikian, pewarnaan ini kurang cocok jika jumlah datanya banyak, karena meskipun warna yang dibuat (secara komputerisasi) berbeda tetapi mata manusia tidak bisa membedakan perbedaan warna tersebut.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *