Langsung ke konten utama

Cara Membuat File Tidak Bisa Dihapus di Windows

File merupakan arsip yang berharga di dunia digital. Saking pentingnya nilai sebuah file, sehingga kita perlu menjaganya dengan ekstra hati-hati. apalagi bila kita bekerja di komputer kantor yang digunakan bersama-sama dengan karyawan yang lain. File dapat saja terhapus secara tidak sengaja ataupun dihapus oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Perlindungan file dengan pemberian password tidak bisa menutupi kelemahan apabila file dihapus. Satu-satunya jalan adalah dengan menjaga agar file tidak bisa dihapus, diganti nama (rename), dan bahkan dipindahkan dari folder tempat file tersebut dengan memanfaatkan semua kemampuanyang ada. Untuk menjaga file agar tidak terhapus kita bisa memanfaat fasilitas pengaturan security yang telah disediakan di Microsoft Windows Seven seperti langkah berikut:

  1. Anda harus login/memiliki wewenang sebagai Administrator
  2. Pilih file yang akan diproteksi. Klik kanan file tersebut lalu pilih Properties
  3. Selanjutnya pilih tab Security lalu klik tombol Edit
  4.  Gambar: Mengedit sekuritas file di microsoft windows seven
  5. Kemudian pilih Everyone , bila anda tidak menemukannya maka klik tombol Add lalu ketik Everyone lalu klik tombol OK
  6.  Gambar: Mengedit sekuritas file untuk grup everyone di microsoft windows seven
  7. Setelah itu pada dialog Permissions for.... pilih kembali Everyone
  8. Lalu pada bagian / kolom Deny centang atau berikan tanda cek pada semua item Deny lalu klik tombol OK
  9.  Gambar: Mengedit sekuritas file untuk grup everyone di microsoft windows seven
  10. Microsoft Windows akan melakukan konfirmasi atau peringatan lebih tepatnya. Klik saja tombol Yes
  11.  Gambar: Konfirmasi/peringatan perubahan Hak (rights) file di microsoft windows
  12. Setelah itu klik lagi pada tombol OK
  13. Kini file yang anda pilih telah menjadi readonly. Aplikasi dan orang lain tidak dapat menghapus file tersebut. Apabila ada orang yang mencoba iseng atau jahil dengan upaya menghapus file dari windows explorer misalnya, tentu akan diberitahukan bahwa file tersbut tidak bisa dihapus.

 Gambar: Contoh pesan kegagalan penghapusan file di microsoft windows



 

Tips Cara Cepat Membuat Tabel dengan Baris dan Kolom Banyak di Microsoft Word

Selain tidak bisa dihapus, anda juga bisa mengatur agar file tidak bisa diubah / diperbaharui
Sayangnya anda hanya bisa mengeset file menjadi readonly dengan menggunakan login / wewenang administrator komputer.

 

 

UPDATE 29 MARET 2016

Setelah melihat dari beberapa kasus pembaca yang "terburu nafsu" maka saya buat peringatan berikut ini:

 

PERINGATAN !!

Anda akan MERUBAH HAK AKSES file, folder atau bahkan drive yang ada pada harddisk anda. Baca artikel dengan seksama! jangan terburu nafsu membatasi hak folder atau bahkan drive anda untuk orang lain. Selalu catat hak akses yang ada sebelumnya dan lebih bagus lagi BUAT BACKUP DATA sebelum proses dilaksanakan. Cara di atas adalah membatasi folder untuk "everyone", artinya anda (administrator) termasuk di dalamnya. Lihat konfirmasi WARNING/PERINGATAN yang disampaikan oleh windows.

Bila sesuatu terasa janggal, jangan panik dan jangan juga restart komputer anda. Kembalikan lagi saja hak akses folder "everyone" dengan cara menghilangkan tanda centang pada kolom "Deny" dan berikan semua centang untuk kolom "allow"; atau kembalikan lagi hak akses seperti semula seperti saat sebelum diubah.

Harap diperhatikan, aimyaya dot com tidak bertanggung jawab terhadap segala dampak yang diakibatkan baik secara langsung maupun tidak langsung dari penggunaan data dan informasi dari aimyaya.com. Segala manfaat dan dampak, baik dan buruk, tergantung pada pengguna masing-masing yang menggunakan data dan informasi yang kami sediakan. (lihat Disclaimer aimyaya.com)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Perkalian Pecahan

Cara Menghitung Perkalian Pecahan (biasa, campuran, desimal, persen) - Kita sering mendengar kata-kata pecahan, pembilang, penyebut, sekian per sekian, dan masih banyak lagi. Berbagai macam sebutan tersebut menunjukkan bahwa nilai yang merupakan hasil pembagian sebuah bilangan dengan bilangan lainnya atau sering disebut dengan pecahan. Hakikatnya pengertian pecahan adalah istilah dalam matematika yang terdiri dari pembilang dan penyebut. Pembilang adalah bilangan yang dibagi, sedangkan penyebut adalah bilangan yang menjadi pembagi. Secara umum, penulisan pecahan akan lebih mudah dibaca menggunakan nilai penyebut dan pembilang yang lebih kecil atau penggunaan penyebut berbasis 5 atau 10 tetapi masih tetap memiliki nilai yang sama. Sebagai contoh, orang 1/2 akan lebih disukai daripada 500/1000, tetapi 50/100 atau 500/1000 akan lebih disukai daripada pecahan seperti 387/774. Padahal semua bilangan tersebut memiliki nilai yang sama, yakni 1/2. Oleh karena itu, biasanya dilakukan penye

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal & Heksadesimal

Konversi bilangan biasanya menjadi pengetahuan dasar yang sering atau mungkin wajib diberikan kepada mahasiswa pada mata kuliah pengenalan komputer. Karena pentingnya konsep dasar sistem bilangan dengan basis yang berbeda sehingga juga diajarkan atau diperkenalkan kepada siswa SMK/SMA atau bahkan siswa SMP. Ada empat basis bilangan yang sering digunakan yakni : bilangan berbasis dua atau yang sering disebut dengan bilangan biner (binary), digit yang digunakan adalah 0 dan 1 bilangan berbasis delapan atau sering juga disebut oktal (octal), digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 7 bilangan berbasis sepuluh atau desimal yang sering kita digunakan dalam kehidupan sehari-hari, digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, …, 8, 9; serta bilangan berbasis enambelas atau heksadesimal (hexadecimal), dengan digit yang digunakan adalah 0, 1, 2, 3, …, 8, 9, A, B, …, E, F. Dimana A sebagai pengganti nilai 10, B=11, C=12, dst. Berikut ini akan dibahas satu persatu bilangan tersebut serta bagaimana ca