Skip to main content

Cara Memilih Modem CDMA/GSM

Kecepatan dalam mengakses internet sudah menjadi kebutuhan tersendiri saat ini. Kecepatan tidak hanya tergantung pada provider cellular, tetapi juga dari modem yang digunakan sehingga anda pun dituntut perlu kehati-hatian dan kejelian dalam menentukan atau memilih modem yang akan digunakan untuk akses internet. Sangat disayangkan bila modem yang anda beli ternyata kurang berguna karena anda kurang hati-hati dalam memilih modem. Saya memiliki beberapa tips dan cara yang bisa menjadi masukan dan referensi bagi anda untuk membeli modem internet anda





 Gambar: Contoh berbagai jenis modem internet




1. Apakah Perlu membeli modem?

Pertanyaan ini merupakan keharusan. Anda harus yakin bahwa memang benar-benar butuh untuk koneksi ke internet. Bila anda menggunakan smartphone, biasanya telah memiliki kemampuan sebagai modem yang dapat anda hubungkan langsung ke komputer/laptop sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi dan hanya perlu cari tahu alias googling bagaimana cara membuat smartphone menjadi modem..Beli modem bila anda memang benar-benar butuh modem yang terpisah.



2. Lokasi penggunaan modem

Tentukan kira-kira sebagian besar waktu dan data yang akan anda gunakan ketika anda berada dimana, apakah itu di kantor, rumah, kampus, sekolah, dijalan dan lain sebagainya. Penentuan lokasi sangat penting dan MUTLAK dilakukan. Karena hal ini bisa berpengaruh pada penentuan spesifikasi modem yang lainnya.



3. Survey Kekuatan Sinyal Operator

Setelah lokasi ditentukan, lanjutkan dengan survei kekuatan sinyal operator dan fasilitas bandwidth/kecepatan akses internet. apakah menyediakan 3G/3.5G, atau lain sebagainya.

Buat list semua operator yang menyediakan jasa internet lalu periksa satu berdasarkan prioritas anda. Saat survey, anda bisa bertanya pada teman, tetangga, kenalan, browsing, atau kalau bisa meminjam modem teman sebentar untuk melakukan uji coba.:D



4. Paket internet yang disediakan Provider

Setelah melakukan survey tentang kekuatan sinyal operator, lakukan inventarisasi dan prioritas paket internet yang disediakan provider. Tentu pilihan anda untuk menggunakan provider menjadi semakin terbatas. Jadi anda hanya fokus pada beberapa pilihan paket yang disediakan oleh provider yang memiliki sinyal yang paling kuat, mantap dan berkelanjutan :)

Setidaknya anda mengetahui kira-kira bagaimana cara menentukan paket internet terbaik untuk anda



5. Memilih Jenis Modem

Setelah melakukan prioritas langkah selanjutnya adalah memilih jenis modem, apakah modem CDMA (seperti Flexi, esia, smartfren) atau modem GSM (seperti Simpati, IM2, Three). Pertimbangkan kembali apakah ada kemungkinan anda ingin bertukar-tukar paket yang ada atau tidak, mudahnya kelompokkan saja menjadi paket-paket internet GSM dan paket internet dari kelompok CDMA. Hal ini karena nantinya anda tidak akan bisa mempergunakan modem CDMA untuk provider GSM, dan begitu juga sebaliknya.

6. Memilih Modem yang berkualitas

Mengetahui modem mana yang memiliki kualitas tinggi bukan perkara yang mudah. Kalau anda bukan seorang pakar, maka anda membutuhkan seorang yang ahli untuk mengetahui tentang modem internet. Jangan mudah tergoda oleh tampilan bentuk modem yang cantik dan menarik hati anda.

Cara paling mudah menentukan modem berkualitas adalah dari merk modem tersebut. Meskipun tidak menjamin bahwa modem yang dikeluarkan adalah 100% bagus, akan tetapi para pembuat modem dengan merk ternama biasanya memiliki jam terbang yang lebih tinggi dan berpengalaman dalam membuat modem.

Modem yang dipilih sebaiknya juga jangan modem keluaran terbaru. Cari tahu terlebih dahulu referensi atau feedback dari para pengguna modem serupa sebelumnya. Selain itu, ada modem yang sudah dikhususkan untuk digunakan oleh provider tertentu saja. Jadi modem anda tidak bisa berpindah provider.Sebisa mungkin hindari modem yang seperti ini kecuali anda benar-benar yakin tidak akan berganti-ganti provider.



7. Batas Budget Keuangan

Lakukan survey harga modem baik secara online maupun offline dengan mendatangi satu-persatu toko yang menjual modem agar bisa mengetahui harga yang lebih murah (untuk modem yang sama). Bila anggaran keuangan anda cukup terbatas untuk membeli modem, maka anda tentu harus menurunkan “kualitas” dan memilih modem dengan harga yang lebih terjangkau. Anda juga harus mencari tahu apakah ada modem yang telah di bundling alias disatukan dengan provider internet yang anda pilih karena umumnya harganya menjadi lebih murah atau setidaknya mendapatkan kuota gratisan.Membeli dan menggunakan modem bekas juga dapat menjadi pilihan bila keuangan anda benar-benar terbatas.

8. Garansi modem

Baik membeli modem baru atau bekas harus ditanyakan garansi yang diberikan. Sekalipun itu kepada teman anda. Karena ini meupakan kepastian bagi keberlangsungan anda koneksi ke internet.





 

Tips Cara Memilih Modem GSM/CDMA

Memilih modem CDMA/GSM bisa dibilang gampang-gampang susah. Jadi jangan pernah menyesali modem yang anda beli. Yang pasti, anda perlu referensi sebanyak-banyaknya dan ketelitian sebelum membeli modem. Karena bagus tidaknya modem adalah relatif.

Comments

Populer minggu ini

Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Ms Word 2010

Tabel di microsoft word sering digunakan berbagai keperluan. Pengaturan tampilan tabel memiliki dan bahkan dapat mempengaruhi daya tarik dan kemudahan pembaca untuk melihat isi tabel lebih jauh. Salah satu pengaturan teks yang paling sering digunakan adalah meletakkan teks atau tulisan agar berada ditengah-tengah sel tabel. Ada dua macam align teks yang bisa dibuat untuk berada ditengah-tengah, yakni vertical alignment dan horizontal alignment. Berikut ini cara untuk membuat ketikan teks anda berada ditengah-tengah sel tabel di microsoft word baik horizontal maupun vertikal : Pertama-tama pilih sel yang teks didalamnya akan dibuat menjadi ditengah-tengah Kemudian klik tab Layout Lalu pada grup Alignment klik tombol Align Center Teks / tulisan selanjutnya akan berada ditengah-tengah sel   Tips Cara Membuat Teks Berada Ditengah-Tengah Tabel Microsoft Word Anda juga bisa memilih teks agar berada di tengah secara vertikal tetapi rata kiri secara horizontal ( Align Center Left ) at

Cara Mencetak Halaman dari Belakang (Terakhir) ke Depan (Awal)

Bila anda mencetak dokumen, tentunya lebih bagus jika setelah proses pencetakan / print selesai dokumen tersebut telah siap di jilid, tanpa perlu mengatur atau menyusun ulang kertas hasil print karena halaman awal ada di belakang sedangkan halaman akhir ada di depan. Sebenarnya ada beberapa printer yang telah mendukung pencetakan dimana halaman pertama yang dicetak akan berada pada tumpukan paling depan / teratas dari tumpukan dokumen hasil cetakan. Tapi jangan berkecil hati, bila printer anda tidak bisa melakukan itu, anda masih bisa melakukannya secara software / manual. Microsoft Word menyediakan fasilitas Reverse Order untuk melakukan pencetakan dimulai dengan halaman terakhir lebih dulu baru setelahnya ke halaman yang lebih depan. Untuk mencetak dengan reverse order di Microsoft Word anda bisa menggunakan langkah berikut. Munculkan dialog Print dengan jalan Klik Office button , lalu Sorot item Print . Selanjutnya klik item Print . Untuk singkatnya anda bisa menekan tombol CTRL+P

Cara Membuat Tulisan Pangkat di Ms Excel

Di Microsoft Excel kita biasa menulis tanda pangkat seperti kuadrat (pangkat dua) atau kubik (pangkat tiga) dengan mengetikkan langsung angka 2 dan 3 di samping satuan yang digunakan, seperti M2 , atau M3 . Penulisan pangkat tersebut tentunya akan lebih sesuai dan lebih menarik untuk dilihat jika kita menggunakan superscript sehingga tulisan menjadi M 2 dan M 3 .   Pembuatan superscript di microsoft Word bisa dibilang lebih mudah untuk dilakukan daripada di microsoft excel. Membuat superscript di excel membutuhkan langkah yang lebih panjang untuk dilakukan. Untuk lebih jelasnya, lihat contoh pembuatan superscript di dalam sel microsoft excel berikut ini. Misalkan kita ingin membuat tulisan Km 2 di dalam sebuah sel microsoft excel Ketikan tulisan Km pada sebuah sel Lalu Klik kanan pada sel tersebut Kemudian pilih item Format Cells Pada dialog Format Cells , berikan tanda check pada item Superscript Klik tombol OK Selanjutnya ketik angka 2 Tekan tombol enter Sel telah terisi

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.   1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data. Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan mem

Cara Mengatur Penulisan Angka Desimal (Di Belakang Koma) Ms Excel

Pengaturan format angka atau bilangan di microsoft excel merupakan hal yang sering dilakukan saat kita membuat laporan keuangan, rangkuman hasil penelitian, rekapitulasi stock opname barang dan masih banyak lagi. Masing-masing pekerjaan tentu membutuhkan format penulisan angka yang belum tentu sama atau bahkan bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. Saat membuat laporan keuangan kita mungkin membutuhkan format desimal dengan dua angka di belakang koma, sementara untuk hasil penelitian (riset) mungkin kita membutuhkan 4 angka dibelakang koma. Oleh karena itu topik tulisan kali ini masih akan membahas tentang pengaturan format tampilan sel microsoft excel yang telah dibahas sebelumnya. Microsoft excel memberikan kemudahan bagi kita untuk mengatur tampilan teks/tulisan dari data yang kita miliki melalui dialog Format Cells. Dari data yang sama, kita bisa menampilkannya dalam berbagai bentuk format termasuk untuk tampilan angka desimal (dibelakang koma). Bila kita memiliki data yang