Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Chikungunya

Obat chikungunya – Chikungunya adalah penyakit yang disebabkan oleh alphavirus dari keluarga togaviradae. Virus tersebut ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes albopictus, aedes-aegypti dan Culex fatigan. Istilah chikungunya sendiri berasal dari bahasa shawilli (afrika) yang artinya terseok-seok. Kasus ini pertama kali ditemukan di Tanzania, afrika timur, pada tahun 1952. Di Indonesia pertama kali ditemukan di Samarinda tahun 1973 dan mejadi wabah pada tahun 1980-an. Masa inkubasi penyakit ini 2-5 hari serta pada beberapa kasus terjadi gejala klinis berupa nyeri sendi dan pegal bisa sampai satu bulan.

Gejala Chikungunya

Penyakit chikungunya berlangsung selama tiga sampai tujuh hari ditandai dengan gejala :
  • Demam Tinggi , diatas suhu normal sampai kisaran 40o celcius
  • Persendian dan otot nyeri , terutama pada tangan dan kaki serta tidak bisa berjalan seolah-olah lumpuh sekitar dua hari
  • Kulit kemerahan di sekujur tubuh
  • Sakit kepala , pusing, kadang-kadang disertai mual dan muntah
Meskipun penyakit chikungunya dan demam berdarah disebabkan oleh nyamuk, akan tetapi ada perbedaan antara kedua penyakit tersebut. Pada penyakit chikungunya tidak ada pendarahan yang hebat, tidak terjadi shock (renjatan), dan chikungunya tidak menyebabkan kematian kecuali kalau ada komplikasi dengan ketabrak kereta api. Meskipun chikungunya dapat sembuh dengan sendirinya (self limitting disease) akan tetapi bagi penderita dengan daya tahan tubuh yang lemah bisa mengalami sakit berkelanjutan.

Pengobatan/Pertolongan Chikungunya

Chikungunya belum memiliki obat atau vaksin yang khusus untuk menyembuhkan penderita dari penyakit tersebut. Cara memberikan obat / mengobati penyakit chikungunya yang bisa anda lakukan sebagai pertolongan pertama bagi penderita penyakit tersebut adalah dengan :
  • Memberikan penderita minum yang banyak dan makanan yang bergizi. Hal ini penting untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh penderita
  • Kompres dengan air es . Karena chikungunya menyebabkan demam dan panas tinggi maka anda perlu menurunkan suhu tubuh penderita dengan kompres memakai air.
  • Memberi obat penurun panas dan obat nyeri . Agar suhu panas badan penderita menurun anda juga perlu memberikan obat penurun panas dan obat nyeri. Obat yang bisa digunakan diantaranya adalah parasetamol.
  • Bawa penderita ke pelayanan kesehatan terdekat (dokter, puskesmas, rumah sakit, balai pengobatan)

Cara Mencegah Chikungunya

Karena chikungunya disebabkan oleh nyamuk maka cara pencegahannya sama dengan cara pencegahan untuk Demam Berdarah Dengue (DBD), yaitu dengan Pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan 3 M (Menguras, Menutup, Mengubur)
  • Menguras , kuras penampungan / bak / drup air setiap satu minggu sekali, mengganti air minum burung, pot bunga, membersihkan air tergenang di genting, talang air, dan lain-lain.
  • Menutup , tutup tempat penampungan air, pangkal/buku pagar bambu yang terbuka, dan lain-lain
  • Mengubur , kuburkan kaleng bekas dan benda-benda lainnya yang tidak berguna yang dapat berpotensi menampung air hujan dan menjadi tempat berkembang biak nyamuk.
  • Abatesasi , beli bubuk abate di apotik dan taburkan bubuk abate ke dalam penampungan air yang sulit dikuras untuk membunuh jentik-jentik nyamuk yang dilakukan 2-3 bulan sekali. Takaran / dosis penggunaan abate yaitu untuk 100 liter air cukup dengan 10 gram atau satu sendokmakan peres (yang diratakan di atasnya).
  • Penyemprotan (fogging) , lakukan penyemprotan terutama pada daerah/area yang dicurigai tempat bersembunyi nyamuk. Penyemprotan hanya membunuh nyamuk dewasa saja.
  • Memelihara ikan kecil , tempatkan dan pelihara ikan-ikan kecil di kolam taman atau tempat penampungan air sebagai pemakan (predator) jentik-jentik nyamuk.

 

Tips Mengatasi dan mengobati Chikungunya

Chikungunya dapat menyerang siapa saja, orang dewasa, remaja maupun anak-anak balita. Oleh karena itu biasakanlah melakukan pemberantasan sarang nyamuk karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

Komentar

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Rumus Luas Permukaan Balok

Cara Mencari Luas Permukaan Balok . - Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dengan setidaknya salah satu pasang diantaranya berbeda. Bila ketiga pasang sisi bangun ruang tersebut berbentuk persegi (bujur sangkar) yang sama dan sebangun maka disebut sebagai kubus. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Untuk lebih jelas, lihat ilustrasi balok pada gambar di bawah ini. Ilustrasi Balok Pada gambar di atas p adalah panjang (rusuk) balok, l adalah lebar balok, dan t adalah tinggi balok. Bila pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang rumus volume balok, maka pada artikel ini kita akan membahas secara detail atau rinci mengenai bagaimana cara menghitung luas permukaan/selimut balok termasuk mmenghitung luas alas balok berdasarkan luas selimut balok.   RUMUS LUAS BALOK Dengan menganggap p adalah panjang dari balok, l adalah lebar balok, dan t adalah tinggi balok seperti yang dapat dili

Cara Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word

Kadang kita ingin membuat sebuah kertas baik itu A4, Folio/F4 atau yang lainnya, bisa menjadi dua halaman. Hal tersebut kita lakukan agar hasil pencetakan (print) menjadi lebih kecil dan praktis untuk dibawa-bawa. Kita bisa mencetak 2 buah halaman A4 dalam satu lembar kertas A4 , tetapi pada kertas hasil cetak ukuran font yang dicetak tentu akan menjadi lebih kecil dari yang kita gunakan. Untuk menjaga agar ukuran font tetap dan hasil cetak tetap bisa dua halaman dalam satu kertas, maka anda bisa mengaturnya di Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut. Klik menu ribbon Page Layout , Kemudian klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup Selanjutnya pada dialog Page Setup tersebut pilih tab Margin Kemudian pada bagian Orientation pilih Landscape Pada bagian Pages , isikan nilai Multiple pages dengan 2 pages per sheet Kemudian klik tombol OK . Tips Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word Anda bisa menggunakan cara membagi kertas t

Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Cara Menghitung Luas Trapesium - Trapesium adalah bangun datar segi empat yang dibentuk dengan empat dua buah rusuk / sisi yang dua diantaranya saling sejajar tetapi tidak sama panjang. Trapesium hanya memiliki 1 simetri putar. Ada tiga jenis trapesium : trapesium sembarang, trapesium sama kaki dan trapesium siku-siku. Rumus Luas Trapesium adalah : Adapun untuk panjang keliling trapesium dihitung dengan menjumlahkan keempat rusuk/sisinya. Karena panjang sisi belum tentu sama maka cara terbaik adalah dengan menjumlahkan empat buah rusuk/sisi tersebut. Contoh Trapesium Sembarang ABCD Trapesium sembarang adalah trapesium dengan keempat rusuk/sisinya tidak sama panjang. Trapesium sembarang tidak memiliki simetri lipat. Luas Trapesium Sembarang ABCD = (BC + AD) x t / 2 Keliling Trapesium ABCD = AB + BC + CD + DA Contoh Trapesium Siku-siku PQRS Trapesium siku-siku adalah trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku dan rusuk / sisi yang saling sejajar tegak lurus

Cara Menghitung Persentase Kenaikan

Rumus menghitung persentase kenaikan - Semua pengusaha bisnis pasti menginginkan usahanya semakin berkembang yang ditunjukkan dari waktu ke waktu dengan kenaikan, baik kenaikan omzet maupun keuntungan. Kenaikan tersebut selain dapat dilihat dari angka nominal yang biasanya di tunjukkan dalam rupiah atau unit, juga sering dihitung dengan menggunakan persen. Persentase kenaikan merupakan nilai persentase tambahan nilai terakhir dari nilai sebelumnya. Biasanya persentase kenaikan ini menjadi pembanding utama dalam usaha bisnis. Orang akan melihat berapa persen kenaikan omzet, berapa persen keuntungan, dan seterusnya. Untuk menghitung persentase kenaikan dapat menggunakan rumus sebagai berikut : Rumus : Persentase (%) = (akhir – awal) / awal x 100% dimana nilai akhir adalah nilai yang lebih besar dari nilai awal . jika nilai awal lebih rendah, maka yang harus anda hitung adalah persentase penurunan. Rumus menghitung Persentase Kenaikan