Cara Memutar/Rotasi Halaman PDF di Adobe Reader

PDF sudah menjadi format yang paling sering digunakan untuk dokumen online. Salah satu kelebihan format PDF adalah penggunaan gambar atau photo. Dokumen-dokumen bisa kita scan atau foto lalu masukkan dalam format PDF. Karena saking cepatnya proses hingga semua halaman dibuat portrait (tegak), padahal ada isi dokumen yang akan lebih enak bila dilihat secara landscape (mendatar). Bila untuk dicetak tentu tidak akan menjadi masalah karena kita bisa memutar (rotasi) kertas hasil print out. Lain halnya bila kita hanya ingin baca di layar monitor. Masa’ kepala kita harus dimiringkan agar bisa membaca dengan tulisan pada dokumen?! Ternyata untuk Adobe Reader versi XI kita bisa memutar / rotate “teks” pada halaman dokumen sehingga kita bisa membaca dengan lebih “manusiawi”. Berikut ini cara memutar(Rotasi) halaman PDF di Adobe Reader XI :
  1. Buka file PDF anda dengan Adobe Reader.
  2. Selanjutnya bila anda menemukan halaman yang “terbalik” maka gunakan langkah berikut :
    • Klik menu View
    • Lalu pilih Rotate View
    • Kemudian klik Clockwiseuntuk memutar halaman searah putaran jarum jam, atau pilih Counterclockwiseuntuk merotasi halaman berlawanan arah jarum jam. Sesuaikan dengan kebutuhan, misal pilih Counterclockwise.
  3. Halaman kini akan dirotasi dan lebih enak untuk dibaca di layar.

 

Tips Cara Memutar/Rotasi Halaman PDF di Adobe Reader

Untuk memutar view halaman dengan lebih cepat anda dapat menggunakan keyboard shortcut SHIFT+CTRL+PLUS untuk memutar searah jarum jam, atau gunakan SHIFT+CTRL+MINUS untuk memutar berlawanan arah jarum jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.