Cara Memindahkan My Documents ke Drive D:, E:, F: dst

Pertanyaan pertama yang paling sering diajukan ketika komputer akan di install ulang adalah : Apakah semua data sudah di pindah ke Drive D:? juga kadang dipastikan dengan : Sudah tidak ada data lagi di drive C:? Seperti yang selalu kita lakukan, kita biasa menyimpan data di folder My Documents yang sudah disediakan oleh Windows. Parahnya (jika bisa dibilang demikian), secara default (bawaan) Windows akan menaruh data yang ada di folder My Documents pada drive C: . Jadi jika sesuatu yang buruk terjadi pada komputer/laptop, baik itu terkena virus komputer ataupun kegagalan sistem windows (error), maka resiko kehilangan data yang ada pada drive C: sangat besar. Oleh karena, seperti kata pepatah lama, sedia payung sebelum hujan akan sangat berarti. Sebaiknya lokasi folder My Document agar dipindahkan dari drive C: ke drive lain yang ada di komputer, baik drive D:, E:, atau yang lainnya. Untuk mengganti lokasi folder My Document ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Buka windows Explorer, lalu buka hingga terlihat icon My Documents. Klik kanan pada My Documents lalu pilih properties
  2. Pada dialog My Documents Properties pilih tab Location. Isikan drive / folder lokasi pada kotak yang disediakan, atau mudahnya klik tombol Move lalu pilih folder lokasi My Documents yang baru, misal di drive D:, E:, F: atau drive lainnya (selain drive C:)
  3. Sebagai contoh, setelah tombol Move di klik, melalui dialog Select Destination misalkan kita pindahkan lokasi folder My Documentske drive E: . kita juga bisa menentukan folder khusus untuk My Documents, misalkan di folder E:\MyDocs . Setelah itu klik tombol Select Folder. Lalu klik OK. Jika ada konfirmasi pemindahan semua file ke lokasi yang baru maka jawab saja dengan YES (setuju). Kini lokasi folder My Documents sudah dipindah ke drive E:\MyDocs. Resiko kehilangan data kini telah berkurang.

 

Tips Memindahkan My Documents ke Drive D:, E:, F: atau yang lainnya

Setelah dipindahkan, secara sistem nama folder target E:\MyDocs akan berubah menjadi E:\My Documents. Meskipun demikian kita tetap bisa mengakses dengan nama E:\MyDocs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.