Rumus Menghitung Volume Tabung(Silinder)

Cara menghitung isi silinder (tabung) – Prinsip pokok untuk menghitung volume ruang/bangun sederhana adalah luas alas dikali dengan tinggi. Rumus tersebut sangat tepat untuk digunakan pada balok, kubus, dan juga tabung. Tabung memiliki bentuk alas (Bagian bawah) dan tutup (bagian atas) berupa lingkaran seperti yang tampak pada gambar berikut :

Pada artikel terdahulu telah dibahas mengenai cara menghitung luas lingkaran . Jadi untuk mendapatkan volume atau isi tabung pertama-tama kita harus menghitung luas alasnya setelah itu tinggal kita kalikan dengan tinggi tabung tersebut. Jadi, kalau ditulis dalam persamaan matematika rumus volume tabung adalah sebagai berikut :
 

 Rumus Volume Tabung/Silinder

Dimana :

  • d adalah diameter lingkaran,
  • r adalah radius / jari-jari lingkaran,
    nilai r selalu setengah d atau ditulis r = 1/2 d
  • t adalah tinggi tabung

 

 Gambar: Rumus luas lingkaran

Sekedar gambaran, kita review lagi sedikit soal luas lingkaran. Pi (π) adalah konstanta atau nilai tetap yang nilainya sebesar sekitar 3,14159 atau 22/7. Jadi volume silinder akan tergantung pada besar jari-jari atau diameter, dan tinggi tabung. Supaya lebih jelas, kita akan terapkan rumus menghitung silinder pada beberapa contoh soal berikut.

CONTOH SOAL 1:

Sebuah tabung memiliki jari-jari 6 satuan dan tinggi 14 satuan. Berapakah volume tabung tersebut?

Jawab :
r = 6 satuan, t = 14 satuan
 

 Contoh 1 : menghitung volume tabung

CONTOH SOAL 2:

Sebuah gelas keramik memiliki wadah untuk menampung air dengan diameter 8 cm dan tinggi 10 cm. Berapakah volume air maksimal yang dapat ditampung pada gelas tersebut?
 

Jawab :
d = 8 cm, t = 10 cm
 

 Contoh 2 : menghitung volume air di dalam gelas

Tau maksudnya nilai tersebut? Jadi kalau ada gelas keramik dengan ukuran diameter untuk isinya adalah 8 centimeter dan tingginya 10 centimeter maka kita bisa mengisinya dengan air sampai dengan sekitar setengah liter. Ingat, 1 liter = 1000 mili liter = 1000 cm3 .

CONTOH SOAL 3:

Sebuah kaleng penakar beras memiliki volume 2 liter. Bila tinggi kaleng adalah 15 cm, berapakah diameter kaleng penakar tersebut ?

Jawab :
Volumekaleng = 2 liter = 2000 cm3 , t = 15 cm
 

 contoh 3: menghitung diameter tabung

Jadi kaleng dengan volume 2 liter dan tinggi 15 cm memiliki panjang diameter 13,03 cm.

CONTOH SOAL 4:

Agus ingin membuat desain botol air minum kemasan 600 ml. Bila standar diameter botol yang digunakan adalah 6 centimeter dan tinggi tutup botol adalah 3 cm, berapakah tinggi botol minimum yang harus di buat Agus?

Jawab :
Volumebotol = 600 ml = 600 cm3 , d= 4 cm

 Contoh 4 : Menghitung tinggi botol

Ingat, tinggi tersebut harus ditambah untuk tutup botol, jadi tinggi minimum botol yang harus didesain Agus adalah 21,22 cm + 3 cm = 24,22 cm.

Menghitung Volume Tabung/Silinder dengan Microsoft Excel

Untuk mempermudah perhitungan kita bisa menggunakan microsoft excel. Untuk nilai Pi kita gunakan fungsi yang tersedia di microsoft excel, yakni PI() yang akan menghasilkan nilai sebesar 3,141592654. Nilai ini lebih presisi dari pada 22/7. Bila anda butuh atau memerlukan simulasi contoh perhitungan volume silinder, silahkan download file rumus menghitung Volume tabung/silinder dengan microsoft excel.
 

Tips Menghitung Volume Tabung(Silinder)

  • Pada contoh di atas, volume tabung yang dihitung adalah bentuk bangun sederhana, bukan tabung dengan hiasan atau lekukan.
  • Aplikasi penggunaan volume tabung dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak, seperti tabung gas, pipa air, kaleng oli, kaleng susu, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.