Langsung ke konten utama

Cara Ambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

Mengambil dan Menghapus sebagian teks di Microsoft Excel - Saat bekerja tidak jarang kita memiliki data yang “berlebihan”. Maksudnya, kita hanya ingin sebagian dari data tersebut yang akan kita pakai sedangkan sisa yang lainnya di buang. Misalkan kita memiliki kolom yang berisi tempat dan tanggal lahir, data yang kita inginkan hanya tempat lahir saja, atau mungkin tanggal lahir saja. Bila data hanya berisi satu atau dua tentu tidak menjadi masalah. Problem timbul ketika bagian data yang harus dibuang ternyata ada puluhan, ratusan atau mungkin ribuan. Pada kesempatan yang lalu saya telah memberitahukan bagaimana cara mengambil sebagian teks dari microsoft excel. Ilmu tersebut sangat berguna dan menjadi dasar untuk postingan kali ini. Hal yang paling dasar adalah sebelum memulai menghilangkan huruf/karakter teks, anda harus benar-benar mengenal format data yang anda miliki.

 

1. Hanya mengambil karakter/huruf pada awal data.

Untuk mengambil beberapa karakter/huruf pada awal teks dan membuang sisa teks (bagian tengah dan akhir) kita bisa menggunakan fungsi LEFT() seperti contoh berikut ini :

Pada contoh tersebut kita menggunakan rumus =LEFT(A2,5). Maksudnya kita mengambil teks yang ada di sel A2 sebanyak 5 karakter dari kiri. Perhatikan untuk nama dea. Lima karakter dari kiri teks A5 tersebut adalah huruf “d”, “e”, “a”, spasi, dan tanda kurung buka “(“.

Lantas bagaimana jika kita ingin hanya nama depan saja (misal dea)? Maka anda perlu mempelajari dan memperhatikan format data milik anda dengan seksama. Pada contoh tersebut setiap nama tengah ditandai dengan kurung buka. Jadi kita bisa menggunakan karakter “(“ tersebut sebagai batas nama depan.

Perhatikan pada gambar diatas, kita menggunakan rumus =TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1)). Maksud dari SEARCH("(",A2,1)-1 adalah meminta excel menemukan posisi karakter “(“ yang ada di teks pada sel A2. Selanjutnya posisi tersebut dikurangi dengan 1. Adapun fungsi TRIM() digunakan untuk membuang karakter spasi atau tab yang ada di teks.

2. Hanya mengambil karakter/huruf pada akhir teks

Untuk mengambil karakter dari belakang atau dari kanan teks kita bisa menggunakan fungsi RIGHT(). Fungsi ini kebalikan dari fungsi LEFT().

Pada gambar diatas terlihat kita menggunakan rumus RIGHT(A2,5) untuk mengambil 5 karakter dari belakang / kanan teks. Seperti halnya pada pengambilan karakter dari kiri/depan, fungsi RIGHT() akan mengambil dari kanan. Meskipun demikian, hasil yang diberikan terkadang tidak memberikan hasil yang kita inginkan. Karena untuk bisma, chicha, dan eddy nama belakang yang dihasilkan tidaklah sesuai dengan yang diharapkan. Kita perlu memodifikasi seperti fungsi LEFT() diatas agar semua nama belakang dapat ditampilkan.

Pada gambar diatas kita menggunakan rumus =TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))). Fungsi LEN(A2) akan memberikan panjang karakter yang ada di sel A2. Adapun SEARCH(")",A2,1) akan mencari posisi dari karakter kurung tutup “)”. Jadi secara logika, panjang karakter yang diminta adalah mulai dari kanan teks sebanyak panjang teks dikurangi dengan posisi kurung tutup. Selanjutnya fungsi TRIM() akan memastikan spasi dan karakter tab dibuang dari teks yang dihasilkan.

3. Hanya mengambil karakter/huruf ditengah sel teks

Pengambilan karakter atau huruf yang berada ditengah teks sangat penting. Biasanya digunakan untuk mengambil sebagian kode yang memiliki arti tertentu. Misalkan kita memiliki Nomor Induk Mahasiswa 2014360278 dimana 2014 adalah tahun masuk, 36 adalah kode program studi dan 0278 adalah nomor urut. Untuk mengambil kode program studi maka anda perlu bantuan fungsi MID(). Formula yang bisa digunakan adalah =MID(“2014360278”, 5,2) atau jika nilai tersebut terletak pada sel A2 maka rumus excel yang bisa kita pakai adalah =MID( A2, 5,2). Artinya, ambil teks sebanyak dua karakter atau dua huruf dengan posisi dimulai dari karakter yang ke lima. Bila di excel dapat dilihat seperti gambar berikut :

Lantas bagaimana jika ternyata posisi karakter tidak selalu sama? Hal ini sering terjadi di kehidupan nyata. Kadangkala kita menghadapi persoalan bahwa posisi karakter yang kita ambil tidak selalu sama. Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu ada tanda karakter atau kejelian khusus pengamatan anda terhadap daftar kode yang ada. Sebagai contoh, misalkan kita ingin mengambil nama tengah yang diapit oleh tanda kurung buka dan kurung tutup seperti yang terdapat pada contoh-contoh sebelumnya. Formula excel yang bisa kita gunakan adalah =MID(A2,SEARCH("(",A2)+1,SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1).

Perhatikan. Ada dua bagian penting pada rumus diatas: SEARCH("(",A2)+1 dan SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1.

SEARCH("(",A2) menunjukkan posisi karakter kurung buka, +1 artinya karakter setelahnya.

SEARCH(")",A2)-SEARCH("(",A2)-1 menunjukkan panjang karakter / huruf yang akan diambil. Dimana SEARCH(")",A2) adalah posisi kurung tutup, dikurang SEARCH("(",A2) atau kurung buka, lalu dikurangi lagi dengan satu (karena dimulai setelah kurung buka).

Amati dengan seksama. Posisi kurung buka dan kurung tutup pada daftar nama tersebut berbeda-beda, tetapi nama tengah yang diambil selalu benar.

4. Menghilangkan karakter/huruf ditengah sel teks

Untuk menghilangkan huruf atau karakter ditengah teks kita bisa menggabungkan fungsi LEFT() dan RIGHT(). Lihat bagaimana semua nama tengah yang ada pada daftar nama “dihilangkan” dengan gabungan kedua fungsi tersebut.

Lihat gambar diatas. Rumus yang digunakan adalah =TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1))&" "&TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))). Bila kita memecahnya maka akan ada 3 bagian penting pada rumus tersebut.

TRIM(LEFT(A2,SEARCH("(",A2,1)-1)) adalah mengambil nama depan, seperti yang ada pada bagian pertama tadi (mengambil dari kiri).

TRIM(RIGHT(A2,LEN(A2)-SEARCH(")",A2,1))) adalah mengambil nama belakang, seperti yang ada pada bagian kedua (mengambil teks dari kanan).

&” “& adalah tambahan spasi. Untuk menggabung teks kita perlu menggunakan operator &. Sedangkan untuk teks kita harus mengapitnya dengan menggunakan tanda petik dua. Coba saja anda ubah rumus tersebut menjadi &”---“&, perhatikan apa yang terjadi.
 

Tips Mengambil dan Menghilangkan Huruf/Karakter dari Teks di Excel

  • Fungsi LEFT(), RIGHT() dan MID() adalah fungsi pengolahan teks yang sering digabung dengan fungsi TRIM() dan operator & maupun fungsi lainnya
  • Perlu kejelian dan aturan yang jelas dan anda pahami dalam mengekstrak data/kode dari teks yang anda miliki. Pengalaman akan semakin mempermudah anda dalam melakukannya
  • Jika anda hanya butuh nilainya saja (value) maka lakukan saja Paste Values dari hasil rumus excel yang anda gunakan.

Komentar

  1. saya mau tanya, kalo data saya berupa karakter huruf, simbol dan angka dalam 1 cell. dan saya mau ambil karakter hurufnya saja gimana ya? misal data saya di salah satu cell agung purnomo,5,201,500. nah saya ingin hapus karakater koma dan angka, itu gimana ya? trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai text to coloumn aja mas bro, pilih separated by coma (,) naanti bakal terpisah jd kolom baru

      Hapus
  2. Min klo Saya punya data ky gini "we.02155987658" Dan "55791544-w", Cara menghilangkan karakter hurufnya gmn ya?

    BalasHapus
  3. Sudah saya pakai, edit edit dikit langsung berhasil, makasih banyak mas, sehat selalu :)

    BalasHapus
  4. 1234567;081157727272;Gagal;;2020-05-31 16:22:50;4
    5777111;082186121212;Sukses-3;2020-05-31 16:42:43;2020-05-31 16:43:13;4

    Kak, kalau mau buang 1 huruf paling belakang gimana ya?

    BalasHapus
  5. Jika saya ingin menghilangkan 2 digit dibelakang (DR) pada misalnya 2,408,766.05DR , apa yg harus saya lakukan, tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. tinggal control F an replace bos..

      Hapus
  6. Saya punya data
    10 Agustus 2000
    1 januari 1978
    2 mei 1999
    Mau ngambil nama bulanya saja gimana rumusnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. =MONTH(cel yang terisi tanggal)

      Hapus
  7. hai min, saya mau tanya, dari 1000an column dengan berbagai macam format, saya hanya ingin mengambil kalimat2 tertentu saja, gimana ya..

    contoh

    Purchase order bulan july

    purchase nomer 12345

    purchase order bulan august

    purchase nomer 12346


    saya cuma mau ambil kolom purchase nomer saja, kira2 rumusnya apa ya, terimakasih, semoga berkah

    BalasHapus
  8. Admin saya mau bertanya, saya punya data dalam excel sekitar 3k, jadi dikolom 1 itu nama, dikolom 2 itu link WA dan nmor WA nya, jadi tugas saya, utk menghapus nmor yg tidak terhubung WA, cara manualnya kan klik satu satu, ada jalan pintas kah untuk ini

    BalasHapus
  9. Membantu banget 👍 terima kasih

    BalasHapus
  10. trims sangat membantu

    BalasHapus
  11. Min saya mo tanya, jika saya punya data angka seperti 213 - 1 - 34261 - 9 saya ingin menghilangkan spasi-spasi ditengah-tengah itu sehingga menjadi 213-34261-9 bagaimana ya rumusnya? terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  12. selamat siang
    kalau saya mau menghilangkan karakter Rp di excel saya gimana yah...mohon masukan nya
    contoh Rp 350.350
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai replace saja
      Rp nya diganti dengan tanpa karakter apa-apa

      Hapus

Posting Komentar

SPAM akan dihapus.

Tidak ketemu? Coba cari..

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghitung Persentase(%) Untung/Rugi

Cara mendapatkan persen keuntungan/kerugian - Kegunaan utama persentase adalah untuk membandingkan dua hal yang tidak sama persis. Pada artikel terdahulu saya telah menulis dasar-dasar bagaimana cara menghitung persentase. Kini kita akan lebih bahas lebih dalam lagi khususnya untuk menentukan persentase keuntungan dan kerugian dalam proses jual-beli barang. Ilustrasi timbangan untung Rugi     Untung atau Rugi? Sebelum membahas lebih jauh, anda harus tahu dahulu istilah untung dan rugi. Penjualan dikatakan untung bila Harga Barang yang dijual lebih besar dari modal yang kita keluarkan untuk membeli barang tersebut. Sedangkan penjualan dikatakan mengalami kerugian jika harga jual lebih kecil dari harga perolehan/pembelian barang.   Untung adalah Harga Penjualan > Harga Pembelian Untung = Harga Penjualan – Harga Pembelian Persentase Keuntungan = Untung / Harga Pembelian x 100%   Rugi adalah Harga Penjualan < Harga Pembelian Rugi = Harga Pembelian – Harga Penjualan Per

Rumus Luas Permukaan Balok

Cara Mencari Luas Permukaan Balok . - Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang dengan setidaknya salah satu pasang diantaranya berbeda. Bila ketiga pasang sisi bangun ruang tersebut berbentuk persegi (bujur sangkar) yang sama dan sebangun maka disebut sebagai kubus. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Untuk lebih jelas, lihat ilustrasi balok pada gambar di bawah ini. Ilustrasi Balok Pada gambar di atas p adalah panjang (rusuk) balok, l adalah lebar balok, dan t adalah tinggi balok. Bila pada artikel sebelumnya telah dibahas tentang rumus volume balok, maka pada artikel ini kita akan membahas secara detail atau rinci mengenai bagaimana cara menghitung luas permukaan/selimut balok termasuk mmenghitung luas alas balok berdasarkan luas selimut balok.   RUMUS LUAS BALOK Dengan menganggap p adalah panjang dari balok, l adalah lebar balok, dan t adalah tinggi balok seperti yang dapat dili

Cara Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word

Kadang kita ingin membuat sebuah kertas baik itu A4, Folio/F4 atau yang lainnya, bisa menjadi dua halaman. Hal tersebut kita lakukan agar hasil pencetakan (print) menjadi lebih kecil dan praktis untuk dibawa-bawa. Kita bisa mencetak 2 buah halaman A4 dalam satu lembar kertas A4 , tetapi pada kertas hasil cetak ukuran font yang dicetak tentu akan menjadi lebih kecil dari yang kita gunakan. Untuk menjaga agar ukuran font tetap dan hasil cetak tetap bisa dua halaman dalam satu kertas, maka anda bisa mengaturnya di Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut. Klik menu ribbon Page Layout , Kemudian klik tombol untuk memunculkan Dialog Page Setup Selanjutnya pada dialog Page Setup tersebut pilih tab Margin Kemudian pada bagian Orientation pilih Landscape Pada bagian Pages , isikan nilai Multiple pages dengan 2 pages per sheet Kemudian klik tombol OK . Tips Membagi Satu Kertas Menjadi Dua Halaman di Microsoft Word Anda bisa menggunakan cara membagi kertas t

Rumus Luas dan Keliling Trapesium

Cara Menghitung Luas Trapesium - Trapesium adalah bangun datar segi empat yang dibentuk dengan empat dua buah rusuk / sisi yang dua diantaranya saling sejajar tetapi tidak sama panjang. Trapesium hanya memiliki 1 simetri putar. Ada tiga jenis trapesium : trapesium sembarang, trapesium sama kaki dan trapesium siku-siku. Rumus Luas Trapesium adalah : Adapun untuk panjang keliling trapesium dihitung dengan menjumlahkan keempat rusuk/sisinya. Karena panjang sisi belum tentu sama maka cara terbaik adalah dengan menjumlahkan empat buah rusuk/sisi tersebut. Contoh Trapesium Sembarang ABCD Trapesium sembarang adalah trapesium dengan keempat rusuk/sisinya tidak sama panjang. Trapesium sembarang tidak memiliki simetri lipat. Luas Trapesium Sembarang ABCD = (BC + AD) x t / 2 Keliling Trapesium ABCD = AB + BC + CD + DA Contoh Trapesium Siku-siku PQRS Trapesium siku-siku adalah trapesium yang memiliki dua sudut siku-siku dan rusuk / sisi yang saling sejajar tegak lurus

Cara Menghitung Persentase Kenaikan

Rumus menghitung persentase kenaikan - Semua pengusaha bisnis pasti menginginkan usahanya semakin berkembang yang ditunjukkan dari waktu ke waktu dengan kenaikan, baik kenaikan omzet maupun keuntungan. Kenaikan tersebut selain dapat dilihat dari angka nominal yang biasanya di tunjukkan dalam rupiah atau unit, juga sering dihitung dengan menggunakan persen. Persentase kenaikan merupakan nilai persentase tambahan nilai terakhir dari nilai sebelumnya. Biasanya persentase kenaikan ini menjadi pembanding utama dalam usaha bisnis. Orang akan melihat berapa persen kenaikan omzet, berapa persen keuntungan, dan seterusnya. Untuk menghitung persentase kenaikan dapat menggunakan rumus sebagai berikut : Rumus : Persentase (%) = (akhir – awal) / awal x 100% dimana nilai akhir adalah nilai yang lebih besar dari nilai awal . jika nilai awal lebih rendah, maka yang harus anda hitung adalah persentase penurunan. Rumus menghitung Persentase Kenaikan